3 Tips Perawatan Pasca Operasi Caesar

3 Tips Perawatan Pasca Operasi Caesar

Operasi caesar adalah salah satu cara persalinan dengan prosedur bedah perut untuk mengeluarkan bayi dari rahim ibu. Operasi caesar ini sering menjadi pilihan dokter jika ketika kehamilan mengalami masalah seperti bayi sungsang, tekanan darah tinggi atau rendah pada ibu bayi, dan adanya komplikasi kehamilan. Sakarang ini, permintaan akan persalinan dengan operasi caesar meningkat. Kebanyakan bukan karena adanya komplikasi kehamilan atau masalah kesehatan dari ibu, tapi dilakukan bukan karena alasan medis yang jelas seperti untuk menghindari rasa takut dan sakit yang terjadi ketika persalinan normal.

Padahal jika moms ketahui, persalinan normal jauh lebih baik daripada persalinan caesar. Operasi caesar merupakan operasi besar. Itu sebabnya, pasti akan ada efek samping setelah dilakukan operasi tersebut baik jangka pendek maupun dalam jangka waktu lama. Efek samping jangka pendek operasi caesar adalah pasca operasi akan memberikan rasa sakit yang luar biasa, lebih sakit ketika moms melahirkan normal. Bergerak atau tertawa saja bisa membuat nyeri perut. Rasa sakit pasca operasi ini tidak hanya berlangsung 2-3 hari saja melainkan bisa sampai enam bulan. untuk itu perlu dilakukan perawatan pasca operasi caesar. Tentunya perawatan pasca operasi caesar ini tidak mudah dan butuh waktu yang lama.

Selain efek jangka pendek diatas, ternyata operasi caesar memberikan efek jangka panjang yang kemungkinan bisa mengganggu moms baik secara fisik maupun hubungan denga suami. Berikut ulasannya.

  1. Kesulitan untuk menyusui bayi

Ibu yang baru saja menjalankan operasi caesar akan mengalami rasa sakit dan nyeri yang luar biasa. Ini berakibat, moms akan mengalami kesulitan ketika akan menyusui si bayi. tentunya, karena posisi perut yang dijahit belum sepenuhnya pulih, jika ini digunakan menjadi tumpuan saat menyusui bisa saja akan berimbas pada jahitan perut. Selain itu, nyeri yang timbul akan lebih parah.

  1. Membuang waktu

Efek lain dari operasi caesar adalah moms harus istirahat total selama proses penyembuhan jahitan. Ini akan memakan waktu yang lama. Jika sakitnya saja bisa sampai 6 bulan makan istirahat yang dibutuhkan kurang lebih selama itu. Masalahkan jika moms adalah work moms, karena jatah cuti yang diberikan hanya 3 bulan itu sudah termasuk saat sebelum melahirkan.

  1. Meninggalkan bekas luka

Namanya juga operasi, berarti harus ada pembedahan. Operasi caesar akan meninggalkan bekas luka jahitan diperut. Terkadang ini membuat moms tidak nyaman ketika melepas baju dan melihat bekas jahitannya. Belum lagi jika moms harus melakukan operasi lainnya yang berkaitan juga dengan perut, ini akan menimbulkan masalah lagi.

  1. Kemungkinan melakukan persalinan normal sangat kecil

Ketika anak pertama dilahirkan dengan operasi caesar, maka kecil kemungkinan anak kedua dilahirkan dengan normal. Jika untuk kedua kalinya sudah dilakukan operasi caesar, kebanyakan dokter akan merekomendasikan agar menghentikan untuk hamil lagi, karena akan sangat beresiko jika anak ketiga dilakukan dengan caesar lagi. Perlu moms ketahui bahwa jika operasi perut sudah dilakukan 2 kali, ini menyebabkan banyak trauma pada ibu.

  1. Sakit punggung

Ibu yang melakukan operasi caesar, dikemudian hari akan sering mengeluhkan sakit punggung. Ini terjadi akibat anestesi epidural saat operasi. Konsumsi obat nyeri yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan punggung sakit, dan juga akibat efek jahitan pada perut. Saat moms tertawa, batuk atau bersin, otomatis bekas jahitan diperut akan menegang sehingga menyebabkan sakit.

Luar biasa ya moms, efek dari operasi caesar. Moms sudah mengalami yang mana? Semua atau masih ada lagi efek lain yang belum tersebut di ulasan ini? Bagaimanapun efek operasi yang timbul, moms harus sigap untuk mengurangi efek pasca operasi yang ada. Salah satunya dengan melakukan perawatan pasca operasi caesar. Seperti yang sudah kami katakan diatas, perawatan pasca operasi caesar tidaklah mudah dan memerlukan waktu relatif lama. Untuk itu moms harus tetap kuat dan sabar. Agar lebih paham lagi mengenai perawatan pasca operasi caesar, simak moms beberapa cara perawatan pasca operasi caesar berikut ini.

  1. Rawat luka bekas bedahan

Moms dianjurkan untuk menghindari sinar matahari mengenai bekas luka bedahan agar tidak terjadi infeksi. Ini biasa dilakukan selama 3 bulan setelah dilakukannya operasi. Disekitar luka juga akan timbul kulit baru, ini sangat rentan goresan. Sehingga perlu hati-hati dalam melakukan tindakan. Selain itu, untuk merawat bekas luka bedah, lakukan beberapa tips berikut

  • Ganti perban tiap hari
  • Setiap mengganti dan membersihkan luka, pastikan tangan bersih
  • Membersihkan luka dengan air hangat yang dicampurkan sabun. Moms bisa mandi sepeti biasa, yang terpenting selalu bilas luka sampai bersih hingga tidak ada sisa sabun di luka.
  • Sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual dulu selama 4-6 minggu atau sesuai yang disarankan dokter.
  • gunakan bantal untuk menahan luka saat batuk agar tidak menekan kulit yang terluka
  • pakailah pembalut khusus ibu melahirkan
  • Jika gatal jangan digaruk atau gosok, lap saja dengan waslap hangat untuk mengurangi gatal.
  1. Melakukan latihan kaki

Saat pertama setelah melahirkan, rasa sakit yang timbul sangat terasa sehingga sulit untuk bergerak. Jika sudah merasa baikan atau hari ke 2, jangan diam saja di kasur. Usahakan untuk melatih otot kaki moms lagi dengan melakukan gerakan-gerakan kecil seperti menggerakan pergelangan kaki di kasur. Jika sudah merasa sedikit kuat untuk berdiri, lakukan jalan sehat walaupun dilakukan didalam ruangan. Lakukan gerakan ini rutin tiap hari. Hal ini dimaksudkan agar peredaran darah lancar dan mengurangi resiko pembekuan darah dan sakit punggung. Moms juga bisa jalan-jalan dengan menggendong si bayi. Selain mengurangi sembelit, ini juga dapat meningkatkan ikatan batin antara bayi dan ibu serta memperkenalkan bayi di lingkungan sekitar.

  1. Kelola emosi dengan baik

Selain merasa senang dan bahagia karena bayi sudah terlahir ke dunia, stress, trauma dan masalah psikis lainnya bisa saja dirasakan oleh ibu yang baru saja melahirkan caesar. Untuk mengurangi masalah psikis dan emosi yang tidak nyaman pasca caesar, moms bisa melakukan hal beriku ini:

  • Selalu curahkan apa yang kamu rasakan kepada pasanganmu atau orang terdekat mu. Ini bisa mengurangi stress yang sedang dirasakan dan lebih dari itu, curhat bisa menurunkan tingkat stress.
  • Selalu mensugesti pada diri sendiri bahwa tidak akan terjadi masalah besar setelah dilakukannya operasi ini. Semua akan berjalan lancar.
  • Lakukan hal-hal positif dan menyenangkan bersama keluarga, bayi dan teman untuk meningkatkan rasa percaya diri
  • Jika dirasa kamu merasa depresi, sebaiknya berkonsultasi dengan psikolog agar tidak berlarut-larut.

Poin penting dalam perawatan pasca operasi caesar ini adalah, moms harus tetap kuat, percaya diri, selalu terapkan hidup sehat dan hati-hati setiap kali melakukan segala sesuatu untuk mengurangi resiko infeksi. Jangan lupa untuk selalu makan makanan bergizi ya moms… pilihlah makanan yang baik untuk tubuh dan gizi si bayi. semoga lekas sembuh moms…