4 Tips Memilih Tempat Penitipan Anak

Tips Memilih Tempat Penitipan Anak

Saat moms memutuskan untuk mulai aktif kerja lagi, moms akan mulai memikirkan siapa yang akan menjaga anak selama moms kerja. Jika moms hanya mengandalkan babysister di rumah untuk merawat dan menjaga anak, bisa jadi kebutuhan dia untuk berkembang dan pendidikannya tidak berjalan secara optimal. Disaat itulah moms akan berfikir untuk menitipkan anak di tempat penitipan.

Tempat penitipan anak selain berfungsi untuk singgasana sementara untuk anak selama moms bekerja juga sebagai tempat edukasi untuk anak berkembang dan mengenal dunia luar lebih jauh. Dulu, tempat penitipan anak mungkin layaknya seperti taman bermain yang hanya beberapa jam saja, tetapi sekarang ini sudah sangat berkembang dengan program fullday dan proses edukasi yang beragam, baik dari aspek motorik, sosial, kecerdasan dan juga emosionalnya. Semua itu sudah diajarkan di tempat penitipan anak, dengan menggunakan metode pembelajaran yang unik dan menarik tentunya.

Saat menentukan tempat penitipan anak, jangan hanya langsung menitipkan gitu aja karena tempat penitipan dekat dengan rumah atau kantor, atau ada teman yang juga menitipkan anaknya kesana. Moms perlu memperhatikan kenyamanan si anak dan juga keamanannya. Untuk itu, moms coba pelajari dulu nih tips memilih tempat penitipan untuk anak berikut ini.

  1. Fasilitas dan edukasi yang ditawarkan

Sebelum moms menentukan tempat penitipan anak mana yang akan diambil, moms bisa melakukan survey dulu ke tempat penitipan anak dan mengamati fasilitas apa saja yang diberikan di tempat penitipan tersebut. Fasilitas menjadi poin penting karena ini mendukung kenyamanan belajar untuk anak nantinya. Misalnya fasilitas kamar mandi, tempat ibadah, peralatan pembelajaran. Selain itu adat dan edukasi ditempat penitipan anak juga perlu diperhatikan. Pembelajaran apa saja yang didapat, ada tidak tradisi-tradisi tertentu yang dilakukan, sesuai tidak dengan konsep agama moms.

  1. Lingkungan tempat penitipan

Lingkungan tempat penitipan ini tidak sebatas dilihat dari kebersihan ruangan, halaman dan kamar mandi tetapi juga sistem keamanan disana. Misalnya, bagaimana lingkungan disekitar tempat penitipan karena kita tidak memungkiri anak-anak akan bermain juga di luar penitipan, ada tidak CCTV nya. Selain itu, bagaimana sikap orang-orang yang ada disana, perhatian gurunya kepada anak-anak, latar belakang kebanyakan anak yang ada disana.

  1. Kondisi pengajar

Kondisi pengajar disana juga perlu dilakukan observasi. Ini bisa terkait dengan berapa banyak pengajar yang ada disana, sebanding tidak dengan banyaknya anak yang dititipkan. Tipe pengajarnya sesuai tidak dengan moms dan karakter anak, karena pengajar yang dapat menyelaraskan idenya dan sikapnya dengan anak itu adalah pengajar yang baik. Selain itu, moms juga perlu tahu seberapa dekat dan terlibatnya pengajar nantinya, kemudian bagaimana hubungannya dengan orangtua anak.

  1. Cara pembelajaran

Poin penting lainnya yang perlu diketahui di tempat penitipan itu adalah bagaimana sistem atau cara mengajar disana? Ada beberapa tempat penitipan anak yang hanya mengajar dengan mencontohkan sekali, anak disuruh praktek sendiri tanpa pendampingan. Ada juga yang mengajar dengan pendampingan full. Ini bisa disesuaikan dengan keinginan moms dan juga kebutuhan si anak seperti apa. Jangan sampai cara pembelajaran yang dipilih malah membuat anak tidak berkembang.

Disamping beberapa hal diatas, pendapat anak juga penting untuk diperhatikan. Karena dengan melibatkan anak dalam penentuan tempat penitipan anak, secara otomatis anak akan menyukai dan bisa nyaman saat berada disana. Semoga ulasan ini bermanfaat moms….