5 Asupan Gizi Ibu Menyusui agar Bayi Tidak Kembung

Moms, makanan yang masuk dalam tubuh bayi sangat penting digunakan untuk proses pertumbuhan bayi, karena itu jangan sembarang memberikan makanan pada si bayi. Anggapan bahwa jika ibu salah mengkonsumsi makanan ketika menyusui bisa berimbas pada si bayi adalah benar. Bayi yang lahir asupan gizinya sangat tergantung apa pemberian ASI ekslusif dari ibu. Itu sebabnya makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui juga perlu diperhatikan. Ibu yang sedang menyusui membutuhkan energi lebih untuk memberikan nutrisi pada si bayi dan ibu itu sendiri sehingga moms harus makan secara teratur 3x sehari dengan makanan yang sehat dan bergizi tentunya.

Tahu gak moms, ada beberapa makanan yang memang jika moms mengkonsumsinya bisa membuat bayi kembung misalnya makanan yang banyak mengandung air dan gas seperti Kol, Kobis, Brokoli. Sayuran ini memang memiliki vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh tetapi jika diberikan untuk bayi yang hanya minum ASI menjadi kurang baik.

Nah Moms, berikut 5 makanan ibu menyusui agar bayi tidak kembung

  1. Sereal dan Roti gandum

Sereal  dan roti gandum menjadi salah satu makanan ibu menyusui agar bayi tidak kembung. Roti ataupun sereal pada dasarnya terbuat dari gandum. Nah, gandum itu sendiri adalah sumber karbohidrat dan mengandung banyak serat makanan sehingga ini akan mendukung pencernaan si bayi dan membuat bayi lebih cepat kenyang. Gandum juga mempunyai kandungan asam folat yang bagus untuk ibu menyusui. Konsumsi sereal atau roti gandum pada pagi hari sebagai pengganti sarapan. Di siang harinya moms bisa memilih nasi merah yang kaya akan nutrisi baik untuk moms dan si bayi, variasikan dengan sayuran seperti bayam, daun katuk, tomat dan wortel.

  1. Ikan

Ikan merupakan makanan yang kaya akan protein, omega 3 yang terkandung didalamnya dan juga minyak ikannya sangat baik untuk perkembangan otak si bayi dan juga ibu menyusui. Konsumsilah ikan sehari sekali, jangan kebanyakan juga ya moms!! Karena kebanyakan protein ikan bisa saja menimbulkan alergi.

  1. Kacang-kanganan

Makanan yang berasal dari family kacang-kangan seperti kacang merah, kacang polong, dan kacang hijau ini sangat baik untuk ibu menyusui dan juga si bayi. Kandungan zat besi dan proteinnya berguna untuk memperlancar ASI dan pencernaan si bayi. kacang merah dan hijau ini tidak mengandung gas sehingga merupakan makanan ibu menyusui agar bayi tidak kembung.

  1. Buah-buahan

Siapa yang tidak tahu manfaat buah-buahan untuk kesehatan? Buah-buahan memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk tubuh, khusunya untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Buah pepaya, apel, pir dan pisang merupakan buah yang kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan moms dan si bayi. Buah ini juga tidak mengandung gas sehingga sangat direkomendasikan untuk moms yang sedang menyusui.

  1. Yogurt

Minuman olahan yang terbuat dari susu yang difermentasikan ini juga baik dikonsumsi oleh ibu menyusui karena yogurt mengandung kalsium yang baik untuk tulang dan gigi si bayi dan juga prebiotik yang bagus untuk pencernaan.

Ingat moms, saat dalam keadaan menyusui moms harus lebih selektif lagi dalam memilih makanan. Pilihlah makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi, aman dikonsumsi dan pastinya pilihlah makanan ibu menyusui agar bayi tidak kembung. Jika si bayi sudah menandakan perut kembung, moms bisa mengoleskan minyak telon pada perut bayi sambil dipijat halus agar hangat dan segera sendawa. Tepuk juga punggung si bayi dengan lembut dan jangan langsung menidurkan si bayi setelah disusui.