5 Manfaat Youtube Kids untuk edukasi anak

Manfaat Youtube Kids untuk edukasi anak

Diera yang serba digital seperti sekarang ini, memilih sarana bermain untuk anak-anak gampang-gampang susah. Bagaimana tidak? sekarang ini mainan tradisional yang memang berguna untuk perkembangan anak sudah bukan jamannya dan tidak diminati oleh anak. Apalagi area bermain, sudah menjadi bahan tontonan bukan sebagai area mainan. Seperti memperlihatkan acara tv ke anak, memilih mainan untuk anak juga perlu kejelian. Kita wajib memperhatikan tentang isi mainan, bagaimana penyampaiannya, sarana edukasinya seperti apa. Jangan hanya asal memberikan mainan, asal anak diam tidak rewel saja.

Seiring berkembangnya teknologi, mainan anak jaman sekarang sudah seperti mainan orang dewasa yaitu identik dengan gadget. Mulai dari mainan modern, tradisional sudah dikemas rapi dengan gadget. Anak-anak sudah bisa mengakses acara tv, game yang mereka sukai dengan gadget. Seperti yang baru-baru ini sedang gempar yaitu rilisnya youtube kids. Apalagi ini moms?

Youtube, jika kita mendengar kata ini pastinya yang ada dalam pikiran kita adalah aplikasi untuk melihat video-video ataupun ilmu dan cerita apapun itu dari seluruh dunia. Youtube yang biasa itu salah satu aplikasi yang memang kurang ramah anak karena filternya masih kurang. Duh, menyeramkan sepertinya. Tapi apakah youtube kids itu seperti youtube pada umumnya? Ini akan menjadi kekhawatiran sendiri untuk moms. lalu apa yang seharusnya kita lakukan jika anak kita sudah mengenal  youtube kids? Yuk moms kita ulas bersama tentang apa itu youtube kids dan manfaat youtube kids untuk anak.

Youtube kids merupakan salah satu aplikasi buatan google yang memang dirancang khusus untuk anak-anak. Sangat berbeda dengan youtube pada umumnya. Mungkin fiturnya sama seperti olah raga, fashion, game, edukasi, tetapi didalam youtube kids ini memang sengaja dibuat dengan konten khusus anak dan tentunya ramah anak. Youtube kids ini dirilis oleh google pada tangga 23 februari 2015, akan tetapi baru bisa didownload di indonesia mulai bulan september 2018. Masih terbilang barulah untuk sebuah aplikasi. Karena pasarannya memang untuk anak-anak sehingga desain tampilannya dibuat lucu seperti  karakter kartun kesukaan anak.

Agar moms tidak bingung dan khawatir tentang youtube kids, berikut penjelasan tentang manfaat youtube kids untuk anak-anak

  1. Chanel yang ditawarkan untuk sarana edukasi sangat beragam

Youtube kid menawarkan banyak chanel sebagai sarana edukasi anak. Selain belajar di sekolah, pembelajaran diluar sekolah juga penting untuk dikembangkan. Salah satunya dengan penggunaan youtube kids ini. Ini beberapa chanel yang bisa diakses memalui youtube kids, seni dan kerajinan, musik, olah raga, pelajaran sekolah, perkebunan, game edukasi.

  1. Dilengkapi dengan fitur kontrol

Selama anak bermain dan belajar dengan youtube kids, moms tidak perlu khawatir karena di youtube kids memberikan fitur akses orang tua untuk mengontrol konten yang bisa dicari. Disini moms bisa mengatunya sesuai dengan umur dan edukasi apa yang diperlukan untuk anak.

  1. Anak bisa terus mengupdate pengetahuannya

Youtube kids dilengkapi dengan video-video terbaru sehingga memudahkan anak untuk bisa selalu update pengetahuan dan berita-berita terbaru seputar dunia anak. Selain itu ada juga chanel national geographic kids yang bisa mengakses tentang flora dan fauna.

  1. Hemat kuota

Moms tidak usah risau jika anak bermain youtube kids, karena pada youtube kids ini bisa juga dilihat secara offline sehingga tidak memakan kuota yang banyak.

  1. Memudahkan orangtua dalam mendidik anak

Dengan canggihnya teknologi sekarang, mendidik anakpun juga menjadi lebih mudah karena bisa langsung diakses dan sudah ada panduannya sendiri.

Selain sangat bermanfaat, youtube kids ini juga aman karena sebelum kita mulai berselancar didalamnya, orang tua perlu login dengan nama anak dan usianya agar secara otomatis bisa tersaring konten youtube yang sesuai umurnya. Bagaimana moms? semoga ulasan ini membantu moms untuk mencoba beralih ke dunia teknologi dalam pendidikan anak. Semoga bermanfaat moms