6 Cara Agar Leher Bayi Cepat Tegak

cara agar leher bayi cepat tegak

Bayi terlahir dengan keadan yang belum sempurna terutama di bagian leher bayi. Leher bayi masih lemas dan belum bisa tegak sendiri, itulah kenapa ketika moms menggendong bayi harus memperhatiakan untuk menopang leher bayi dengan tangan atau bantal. Seiring bertambahnya usia, leher bayi akan kuat sendri yaitu anatara umur 2-8 bulan. Tetapi, untuk leher bayi tidak langsung begitu saja cepat tegak tanpa adanya perlakuan oleh seorang ibu. Lalu bagaimana cara untuk dapat mempercepat si bayi agar lehernya bisa cepat tegak?

Simak 6 cara agar leher bayi cepat tegak berikut ini :

  1. Bawa bayi ke tempat pijat bayi secara rutin

Moms bisa membawa si bayi untuk dipijat seluruh badan terutama bagian leher, tangan, kaki, kepala, dan perut untuk membuat keadaan fisik bayi menjadi cepat kuat dan membatu proses perkembangan motoriknya. Pijat juga berfungsi agar si bayi relaks dan tidur nyenyak. Bawalah si bayi ke tempat pijat setidaknya sebulan sekali. Jika bayi nangis saat dipijat, siasati dengan menggenggamkan mainan ke tangan bayi agar rasa sakitnya teralihkan.

  1. Sering mengubah posisi kepala bayi saat tidur

Mengubah posisi kepala saat si bayi tidur, memberikan manfaat untuk menguatkan otot leher bayi dan susunan tulang belakang bayi. Saat si bayi tidur terlentang, cobalah untuk mengubah posisi kepala si bayi menengok ke arah kiri, kemudian kurang lebih 10 menit ubah lagi tengok ke kanan. Saat bayi tidur miring, moms bisa mengubah menjadi terlentang. Lakukan dengan perlahan sambil memegang dagunya agar si bayi tidak bangun.

  1. Latihan memutar kepala

Jika sewaktu masih bayi dilakukan gerakan mengubah posisi kepala saat si bayi tidur. Pada usia yang sudah memasuki bulan ke 2, cara agar leher bayi cepat tegak adalah dengan melakukan latihan gerakan memutar kepala. Kok ngeri ya moms? Moms jangan takut, latihan memutar kepala ini tidak seekstrim yang moms bayangkan. Latihan memtura kepala ini bisa dilakukan oleh si bayi itu sendiri dengan cara moms panggil nama si bayi agar menoleh ke moms. Atau moms bisa bunyikan bel atau mainan yang menimbulkan buyi agar si bayi menoleh mencari sumber suaranya. Bunyikan dengan posisi membelakangi si bayi atau 90 derajat dari arah si bayi.

  1. Latihan tengkurap untuk si bayi

Tengkurap sangat baik untuk melatih perkembangan motorik anak. Ini juga bisa menjadi cara agar leher bayi cepat tegak. Caranya, jika si bayi belum bisa tengkurap sendiri, coba latihlah si bayi dengan menidurkannya tengkurap selama 5-7 menit. Lakukan cara ini minimal 3 kali sehari. Jika si bayi sudah mulai untuk tengkurap sendiri, berikan dia waktu lebih lama untuk tengkurap dengan memberikan mainan.

  1. Pergunakan bantal atau selimut untuk mengganjal tubuh bayi saat tidur atau tengkurap

Saat moms melatih anak untuk tengkurap, moms bisa menggunakan bantal yang empuk untuk mengganjal perutnya agar tidak sakit. Batasi juga dengan guling atau selimut di sebelah kanan dan kiri si bayi agar tidak cepat balik terlentang. Posisikan tangan si bayi di atas guling kemudian beri mainan atau ajak ngobrol agar tidak bosan.

  1. Jangan monoton saat menggendong bayi

Cara agar leher bayi cepat tegak lainnya, bisa dengan melakukan pengubahan cara menggendong bayi. Misal dengan menggendong menghadapkan si bayi depan, kanan, kiri, belakang, dan juga atas. Cara ini dapat memperkuat otot leher bayi dalam merespon sekitar.

Eits…. jangan sembarang mempraktekan ya moms. Cara agar leher bayi cepat tegak ini harus dilakukan dengan lembut dan hati-hati. Jika tidak dampaknya bisa mengakibatkan kelainan pada leher atau ruas tulang belakang. Jika moms takut untuk melakukannya sendiri, moms bisa konsultasi dengan tenaga medis untuk didampingi. Selamat mencoba moms…