6 Tips Mencegah Kulit Bayi Kering dan Kasar

5 Tips Mencegah Kulit Bayi Kering dan Kasar

Bayi Anda memiliki kulit kering dan kasar? Aduhhhhhh, gimana nih moms? Bayi terkenal dengan hal yang lucu, imut, dan menggemaskan. Orang dewasa yang mendekati, hal yang pertama dilakukan selain mencium bayi juga akan mencubit kulit bayi. Apalagi kalau si bayi itu gembul, sangat menggemaskan moms. Tapi bagaimana kalau si bayi kita kullitnya kering dan kasar? Pastinya banyak yang mengomentari kan moms?! Setiap orang tua tentunya menginginkan si bayi memiliki kulit yang halus, cantik dan menggemaskan. Namun bisa juga kulit bayi menjadi kering dan kasar sama halnya dengan kulit orang dewasa. Kulit si bayi yang pada awalnya masih tipis dan sensitif, ini malah sangat riskan mengalami kering dan kasar moms. Apalagi saat cuaca yang sedang panas-panasnya kayak gini. Kulit bayi menjadi bersisik seperti ular. Kok serem ya moms? Nah moms tidak perlu khawatir lagi. Ini kami ulaskan tips mencegah kulit bayi kering dan kasar, ikuti ya moms…

  1. Berikan si bayi lotion pelembab

Setelah si bayi dimandikan moms bisa memberikan lotion pelembab di kulit bayi. Pilihlah lotion pelembab yang alami dan tidak mengandung zat bahaya untuk bayi. Sesuaikan aroma lotion pelembab dengan aroma yang segar, lembut dan yang disukai oleh si bayi. Jangan berlebihan ya moms dalam pemberiannya!! Jika moms tidak memiliki lotion pelembab, moms juga bisa mengoleskan minyak telon di kulit bayi karena kandungan minyak dalam minyak telon berfungsi untuk melembabkan kulit si bayi. lotion pelembab juga bisa moms berikan di siang hari saat anak bermain.

  1. Jangan telalu lama dan terlalu sering memandikan bayi

Moms, aktivitas mandi itu selain mengangkat kotoran dari tubuh kita juga mengurangi kandungan minyak yang ada dalam kulit kita. jadi semakin sering dan lama kita mandi, maka minyak dalam kulit juga semakin berkurang. Ini berlaku juga untuk bayi. Solusinya, moms bisa mengurangi jadwal mandi si bayi. Misalkan sehari bisa 3-4 kali dimandikan, maka kurangilah menjada 2x dalam sehari.

  1. Gunakan air hangat untuk mandi

Tips mencegah kulit bayi kering dan kasar lainnya yaitu dengan menggunakan air hangat untuk memandikan si bayi. Kadang kita tidak menyadarinya saat memandikan si bayi, kita hanya asal saja dalam mengukur tingkat panas air yang digunakan untuk mandi bayi.  Air yang terlalu panas untuk si bayi, dapat merusak lapisan kulit atas sehingga kulit bisa menjadi kering. Untuk menghindari hal tersebut moms bisa mengukur suhu air yang digunakan. Gunakan suhu yang hangat, ini membantu menyeimbangkan suhu tubuh si bayi dan tidak merusak lapisan kulit bayi.

  1. Penuhi cairan tubuhnya

Perawatan dari dalam tubuh bayi bisa dilakukan dengan memberikan si bayi ASI yang cukup, atau jika sudah tidak menyusu bisa diberikan air putih karena sehat untuk kulit.

  1. Hindari berikan bedak dan parfum pada tubuh bayi

Penggunakan bedak setelah mandi pada kulit bayi ini sebenarnya tidak disarankan oleh dokter untuk menjaga kelembapan kulit si bayi. Karena, bedak mengandung zat kimia yang bisa membuat kulit menjadi kering. Selain itu jangan berikan parfum untuk kulit bayi karena ada kandungan alkohol yang bisa merusak kulit bayi jika mengenainya.

  1. Berikan asupan makanan yang baik untuk kulit bayi

Nah moms, jika si bayi sudah diberi MPASI, tips mencegah kulit bayi kering dan kasar yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan makanan penunjang gizi si bayi. Baik untuk gizi pertumbuhan termasuk kulit bayi dan juga perkembangannya. Berikan seperti jus alpukat, kismis, almond karena makanan ini bisa membuat kulit halus.

Lakukanlah tips itu rutin setiap harinya ya moms. Jika moms kurang mampu untuk melakukannya karena keterbatasan waktu tetapi ada budget lebih, moms bisa mencoba tips mencegah kulit bayi kering dan kasar dengan melakukan body spa untuk si bayi di salon-salon kecantikan untuk bayi. Moms bisa membawa si bayi secara rutin untuk body spa. Selamat mencoba moms….