Aman Tidak Jika Bayi Sering Keringat?

Aman Tidak Jika Bayi Sering Keringat

Bayi yang baru lahir biasanya memiliki suhu tubuh yang normal dan jarang berkeringat. Hal ini dikarenakan sistem pembakaran suhu tubuhnya belum berkembang secara optimal. Tetapi jika dalam sehari bayi tidak mengeluarkan keringat, moms patut waspada karena bisa jadi ada masalah dalam tubuh si bayi. seiring bertambahnya usia, bayi akan mengalami fase aktif, nah disini sistem pembakaran kalorinya juga sudah berkembang sehingga keringatnya pun akan lebih banyak keluar.

Keringat pada bayi dihasilkan oleh kelenjar keringat sebagai sarana untuk menyesuaikan tubuh dengan suhu ruangan atau lingkungan sekitar. Keringat ini memiliki peran penting dalam metabolisme tubuh. Selain sebagai penyeimbang suhu tubuh, keringat juga berfungsi sebagai pembersih racun dari tubuh dan memperlancar sirkulasi darah serta melawan infeksi penyakit. Itulah sebabnya banyak dari kita yang mengartikan jika tubuh sering keringat maka itu tandanya kita sehat. Sama seperti orang dewasa, bayi sering keringat juga bisa dikatakan sehat apalagi dengan kondisinya yang sedang aktif. Keringat dengan jenis seperti ini lah yang disebut keringat sehat.

Bayi sering keringat diwaktu kapan moms? jika moms memperhatikan, ada beberapa waktu bayi sering mengeluarkan keringat. Agar moms paham dan mengerti bahaya tidak kah keringat itu, yuk simak penjelasan berikut ini.

  1. Saat menyusui

Bayi yang menyusu dengan posisi dipeluk oleh ibunya, menyebabkan dia harus menahan kepalanya terus menerus tanpa ada perubahan selama menyusu. Ini membuat telapak tangan yang berada di kepala memberikan sensasi hangat sehingga bayi sering berkeringat. Hal ini bukan hal yang mengkhawatirkan. Moms hanya perlu melap keringat dengan waslap saja atau membiarkannya dulu sampai bayi selesai minum barulah moms lap keringatnya. Agar bayi tidak jenuh saat menyusu moms bisa ganti posisi bayi dan menggunakan payudara satunya.

  1. Malam hari

Saat tidur malam hari, bayi sering berkeringat. Ini dikarenakan posisi tidur bayi yang tidak berubah-ubah selama tidur sehingga hanya satu tumpuan saja. Selain itu, jika ruangan diberikan penerangan lebih, maka ini menambah suhu hangat ruangan. Ini membuat bayi gerah dan sering keringat. Tidak berbahaya tetapi jika tidak ditangani bisa saja bayi tidak nyaman dan terbangun rewel. Solusinya, moms bisa mengurangi cahaya lampu, memberikan pakaian bayi dengan bahan yang tipis dan menyerap keringat, usahakan dengan warna yang terang ya moms… warna hitam juga berpengaruh pada suhu tubuh.

  1. Aktivitas berlebih

Bayi merupakan masa dimana dia aktif untuk berkembang. Disini bayi akan sering bergerak dan tertawa. Ini akan memicu kerja kelenjar keringat lebih keras sehingga mengeluarkan banyak keringat. Hasilnya bayi sering keringat. Agar keringat yang keluar tidak menginfeksi bayi, moms bisa mengajak bayi main di ruang terbuka yang sirkulasi udaranya lancar. Sama saat tidur malam, pilihkan pakaian dengan bahan yang tipis. Jika keringat sudah melampaui batas, keringkan keringat bayi dan ganti pakaian bayi.

Tetapi moms, bayi sering berkeringat tidak selamanya menandakan kebaikan atau bayi sehat. Bisa juga itu pertanda bayi mengalami masalah kesehatan. Beberapa penyakit serius yang diawali dengan keringat berlebih diantaranya SIDS, jantung, demam berdarah, diare, dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana kita mengetahui keanehan keringat sebagai tanda dari suatu penyakit moms? bayi sering berkeringat sebagai tanda dari suatu penyakit bisa moms lihat di ulasan berikut ini.

  • Badan bayi panas

Suhu badan bayi yang mendadak meningkat melebihi batas normal biasanya akan mengeluarkan keringat dingin dan wajahnya berubah menjadi sayu. Jika moms melihat bayi menampakan tanda-tanda seperti ini, hendaknya segera moms bawa ke dokter untuk konsultasi.

  • Sesak nafas

Moms pernah tahu bagaimana bayi jika sesak nafas? Bayi yang sesak nafas biasanya dia akan mendengkur saat tidur. Disamping itu, detak jantungnya meningkat dan lubang hidungnya terbuka lebar saat bernafas. Bayi sesak nafas juga akan berkeringat karena untuk bernafas membutuhkan energi ekstra.

  • Mual dan muntah

Saat bayi mengalami diare atau masuk angin, biasanya bayi mengalami masalah pencernaan seperti mual dan lebih parah muntah. Saat muntah itu, bayi akan mengeluarkan segala sesuatu yang menurutnya membuat perut tidak nyaman. Disini kelenjar keringat akan bekerja lebih banyak sehingga tubuh menjadi panas dan bayi berkeringat.

  • Bayi sering berkeringat

Bayi sering berkeringat secara mendadak dengan porsi yang banyak baik siang maupun malam hari walaupun aktivitasnya sedikit dan cuaca tidak panas, ini bisa menjadi pertanda bayi mengalami masalah kesehatan.

Hal sekecil apapun itu yang terjadi pada si bayi, patut untuk selalu kita waspadai ya mom… tetapi jangan terlalu panik ya moms. Selalu jeli dan cermat dalam menelaah tanda-tanda atau sikap yang dimunculkan oleh si bayi. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan bayi moms. semoga bermanfaat.