Bagaimana cara untuk mencegah penyakit cacingan pada anak-anak?

Pernahkah anak moms cacingan? Sudah tau bagaimana cara untuk mencegah penyakit cacingan pada anak-anak? Kali ini kita akan membahas tentang cara mencegah cacingan pada anak. Ikuti terus ya moms.

Cacingan merupakan salah satu penyakit yang kerap singgah pada anak-anak. Kenapa tidak? karena dunia anak adalah dunia bermain. Setiap hari anak bermain di lingkungan yang kita tidak tahu kebersihannya seperti apa. Cacing adalah binatang yang suka hidup pada lingkungan, tanah yang tidak bersih. Memang sih ada juga cacing yang sengaja hidup di tubuh manusia dan berperan dalam proses tubuh manusia, tetapi banyak juga cacing jahat yang menjadi kuman penyakit dan bisa menghambat pertumbuhan serta perkembangan anak.

Cacing dari golongan cacing gelang yang disebut cacing kremi inilah yang biasa menyebabkan penyakit pada anak. Cacing ini biasa hidup di anus anak. Cacing kremi biasa menginfeksi anak dengan cara masuk ke tubuh melalui anus atau tangan yang tidak bersih saat menyantap makanan. Saat cacing sudah masuk dalam tubuh, akan menyerang saluran pencernaan dan akan berkembang di usus halus. Saat bayi-bayi cacing sudah berkembang mereka akan menetap di usus besar menjadi parasit, yaitu menyantap makanan yang masuk ke tubuh anak. Ketika sudah berumur 4-8 minggu cacing akan membesar akan keluar dan bertelor melalui anus, nah pada saat inilah anak akan merasakan gatal di sekitar duburnya.

Untuk dapat mengobati anak yang cacingan, moms perlu mengetahui tanda anak yang cacingan. Berikut beberapa tanda anak cacingan:

  1. Gatal disekitar dubur, jika tidak disadari dan tidak segera diobati maka gatal bisa menjalar ke seluruh kulit
  2. Infeksi kulit, biasanya ketika gatal anak akan spontan menggaruknya. Garukan anak inilah yang menyebabkan kulit menjadi infeksi karena terlalu sering dilakukan.
  3. Sakit perut disertai mual dan muntah
  4. BB susah naik walaupun nafsu makan anak sama
  5. Nafsu makan berkurang
  6. Demam

Jika gejala cacingan sudah sampai demam, maka moms perlu membawa anak untuk berobat

Bagaimana cara untuk mencegah penyakit cacingan pada anak – anak? Berikut tips yang bisa moms lakukan

  • Selalu menjaga kebersihan lingkungan dan diri

Kebersihan adalah syarat mutlak untuk mendapatkan raga yang sehat, baik itu kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri. Terapkan hidup sehat dengan lingkungan yang sehat pada anak. Moms bisa memulainya dengan meminta anak untuk selalu cuci tangan sebelum dan setelah makan apapun itu. Sama halnya saat akan tidur, moms bisa menerapkan untuk cuci tangan dan kaki sebelum tidur. Mandi bersih dengan sabun dan selalu membersihkan area kamar, rumah, dan halaman rumah. Tak lupa ingatkan anak untuk selalu memotong kukunya, karena kuku yang panjang bisa menjadi sarang kuman penyakit.

  • Berikan makanan yang bernutrisi untuk anak

Untuk mendukung pertumbuhan anak berikanlah makanan yang kaya akan gizi dan serat pada anak. Ini akan membantu anak untuk meningkatkan sistem imun anak sehingga dapat melawan cacing yang berkembang dalam tubuh anak. Cacing juga diketahui sangat menyukai makanan yang mengandung karbohidrat dan gula. Jadi, sayuran dan buah adalah pilihan tepat untuk dihidangkan pada anak – anak.

  • Perhatikan cara memasak dengan benar

Jangan hanya asal memberikan sayuran dan buah saja ya moms! Karena belum pasti sayuran yang kita masak sehat. Moms sangat perlu memperhatikan cara memasak sayur, makanan yang benar. Selalu cucilah terlebih dahulu sayuran, buah, dan alat-alat yang akan digunakan untuk memasak dan menghidangkan. Teliti apakah bahan bumbu yang kita gunakan untuk memasak sudah higenis atau belum. Penyimpanan bumbu masak juga penting untuk diperhatikan lho moms. Jika akan mengkonsumsi daging, pastikan kalau daging tersebut bebas cacing.

  • Berikan obat cacing

Memperhatikan kebersihan dan makanan anak saja tidak cukup untuk mencegah anak terkena cacingan karena kita bisa saja kelewatan dalam membersihkan atau pengawasan anak. Untuk itu, moms bisa memberikan obat cacing pada anak.

Demikian pembahasan tentang bagaimana cara untuk mencegah penyakit cacingan pada anak-anak. Agar lebih yakin dengan kesehatan anak, moms bisa melakukan check kesehatan pada anak secara rutin setiap berapa bulan sekali. Semangat merawat anak moms, semoga bermanfaat!