Bayi tidur mendengkur, aman tidak moms?

Bayi tidur mendengkur

Sering kali kita tahu ketika bayi tidur mendengkur. Apakah bayi moms juga pernah mengalami mendengkur atau ngorok saat tidur? Apa yang moms lakukan saat tahu bayi tidur mendengkur? Kadang masalah ini menjadi rasa khawatir untuk moms apalagi jika ini adalah anak pertama moms. rasa cemas dan takut jika hal itu merupakan ketidak wajaran dan bermasalah.

Bayi yang baru saja lahir memang sangat rentan dengan masalah kesehatan, itu dikarenakan daya tahan tubuh bayi yang masih rendah. Termasuk juga masalah bayi tidur mendengkur. Bayi yang baru lahir secara otomatis dia akan bisa bernafas sendiri tetapi sistem pernafasan milik bayi belum sematang dan sempurna anak-anak apalagi orang dewasa. Banyak hal yang membuat bayi tidur mendengkur, entah itu saat bayi memang lagi dalam keadaan yang tidak fit seperti pilek, tetapi bisa juga walaupun bayi sehat, bayi tidur mendengkur. Lalu, sebenarnya apa yang membuat bayi tidur mendengkur? Untuk menjawabnya, moms bisa kaji ulasan mengenai penyebab bayi tidur mendengkur berikut ini.

Pada dasarnya bayi tidur mendungkur bukanlah sebuah masalah yang perlu diwaspadai. Tetapi, jika penyebab bayi tidur mendengkur itu karena adanya masalah kesehatan maka perlu diwaspadai. Bayi yang dalam keadaan sehat dia tidur mendengkur, ini dikarenakan bayi belum bisa mengeluarkan gas berlebih yang ada dalam tubuhnya sendiri sehingga bayi akan mengeluarkannya melalui dengkuran saat dia tidur. Bayi yang belum mengerti apa-apa, dia tidak tau bagaimana caranya memindahkan gas ke proses terakhir dari pencernaan, lemahnya otot bayi untuk memindahkan gas tersebut sehingga bayi menyalurkan gas tersebut melalui glotis atau tempat pita suara. Nah inilah yang membuat bayi tidur mendengkur.

Suara dengkuran bayi yang tidur disebabkan karena saluran pernafasan pada bayi yang masih kecil sehingga tidak cukup kuat untuk membuat gas keluar langsung sehingga hanya sedikit demi sedikit, inilah yang membuat suara dengkuran terdengar sangat jelas di napas bayi. Dengkuran alami pada bayi akan hilang seiring bertambahnya usia.

Pada kasus tertentu, bayi juga bisa mendengkur. Beberapa kasus tersebut seperti berikut ini

  1. Adanya masalah kesehatan serius pada bayi

Walaupun mendengkur merupakan hal yang wajar pada bayi, tetapi jika dengkuran bayi tidak biasa maka itu perlu diwaspadai. Gejala yang patut diwaspadai saat bayi mendengkur seperti berat badan turun, demam, sulit bernafas, pucat atau kulit membiru ini bisa jadi menjadi salah satu gejala dari penyakit asma, meningitis, psneumnia atau sepsis.

  1. Tersumbatnya saluran nafas pada bayi

Bayi sangat rentan dengan banyak hal, salah satunya terjadinya sumbatan pada saluran napas bayi. Misalnya bayi pilek sehingga banyak ingus di saluran nafas yang menyebabkan bayi tidur mendengkur. Bisa juga saat bayi minum ASI dan tidak terproses secara sempurna yang akhirnya menyumbat saluran nafas.

Apapun alasan bayi mendengkur, moms harus waspada dalam menyikapinya. Untuk meringankan dengkuran yang terjadi moms bisa memberikan minyak telon di dada bayi sehingga bayi menjadi relaks dan hangat. Ini membantu proses pernafasan bayi. Selain itu, moms juga bisa menguap-uap bayi dalam jarak jauh. Ini berfungsi untuk melembabkan dan menghangatkan udara. Ingat moms, jika terjadi masalah dengan bayi segeralah membawa bayi ke dokter untuk berkonsultasi terkait penanganannya yang baik. Semoga bermanfaat moms..