Cara Ampuh Menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi

Cara Ampuh Menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi

Musim hujan seperti ini banyak nyamuk yang berkembang biak dan akan siap memangsa siapa saja kapanpun dan dimana pun, tidak terkecuali si bayi. Bayi yang kulitnya sensitif dan lembut seperti menjadi sasaran empuk bagi nyamuk. Selain membuat kulit terasa gatal dan merah, gigitan nyamuk pada bayi juga bisa membuat bentol nyamuk. Rasa gatal dan bentol karena gigitan nyamu biasa pada kulit bayi biasa ditangani dengan minyak telon atau krim anti nyamuk. Tetapi lebih dari itu, jika bentol itu tidak lekas hilang maka akan meninggalkan bekas di kulit bayi.

Bekas gigitan nyamuk inilah yang sering menyebabkan rasa tidak nyaman pada bayi karena bekas itu kadang masih meninggalkan rasa gatal dan akan digaruk oleh bayi akibatnya kulit bayi akan lecet dan iritasi. Hal itu bukan menjadi masalah yang serius karena dasarnya kulit bayi itu masih akan terus mengalami regenerasi sel sehingga kulit akan berganti. Tapi, jika terus dibiarkan tanpa ada perawatan khusus bisa jadi bekas garukan itu akan mematikan sel sehingga tidak beregenarsi.  Jika sudah begitu bisa dibayangkan moms, bekasnya akan menyebar dan kulit bayi menjadi kasar dan tidak enak untuk dipandang ataupun disentuh.

Moms tidak perlu khawatir dengan hal ini, tentunya bekas gigitan nyamuk bisa disembuhkan. Seperti perawatan bayi lainnya yang dilakukan dengan alami, perawatan pengobatan bekas gigitan nyamuk ini lebih baik dilakukan dengan yang alami daripada obat-obatan.

Berikut ini tips menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi

  1. Mengoleskan bagian bekas gigitan nyamuk dengan minyak

Minyak mengandung vitamin E sangat bagus untuk mengatasi iritasi yang terjadi di kulit. Moms bisa mengoleskan minyak 2 kali sehari saat setelah mandi dan sebelum tidur. Jika takut dengan efek minyak atau minyak yang menempel di baju, moms bisa menggunakan madu untuk dioles di bekas gigitan, diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air sampai bersih. Kenapa madu? Karena madu memiliki sifat anti radang yang dapat menyembuhkan luka.

  1. Menggunakan bahan alami untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk

Untuk bayi sebisa mungkin kita harus menggunakan bahan alami untuk mengatasi segala permasalan yang timbul, seperti untuk gigitan nyamuk ini. Bahan alami yang bisa digunakan adalah:

  • Lemon

Peras lemon, pakailah kapas yang sudah dicelupkan ke air lemon, kemudian oleskan ke bekas gigitan nyamuk.

  • Kulit pisang

Selain buahnya yang bergizi, kulit pisang juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk. Moms cukup mengoleskan kulit pisang bagian dalam pada kulit bayi yang ada bekas gigitan nyamuknya.

  • Lidah buaya

Gel lidah buaya mengandung aloesin yang bersifat anti radang. Kandungan inilah yang berkhasiat untuk menyembuhkan kulit yang iritasi. Selain itu, lidah buaya juga berfungsi sebagai pelembab alami kulit bayi. Sama seperti kulit pisang, moms cukup oleskan gel lidah buaya di bekas gigitan nyamuk.

  1. Memakai krim dari resep dokter

Jika moms tidak suka dengan hal yang repot, moms bisa konsultasikan luka ke dokter. Krim dari dokter itu bisa moms oleskan 2 kali sehari pada kulit yang ada bekas gigitan nyamuknya.

Untuk bisa menjaga kesehatan bayi, selalu jaga kebersihan lingkungan rumah terutama kamar si bayi. Selain itu dukung juga dengan asupan makanan yang bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Semoga tips menghilangkan gigitan nyamuk pada bayi ini bisa membantu…