Cara Melakukan Teknik Hypnobirthing yang Benar

Proses melahirkan, merupakan moment yang ditunggu-tunggu oleh seorang ibu. Tak jarang ibu-ibu yang sudah memasuki usia tua kehamilannya diterpa stress yang teramat. Penyebabnya adalah pikiran moms tentang situasi dan nantinya melahirkan itu seperti apa. Tentunya, sudah ada banyak pihak yang bercerita terutama tentang gimana sakit yang dirasakan saat melahirkan. Memang ketika proses kelahiran sudah dekat, ada beberapa kendala yang dirasakan oleh moms seperti sakit, khawatir dan takut, emosi tidak stabil.

Salah satu cara untuk menangani kekhawatiran dan emosi moms yang tidak stabil ini adalah dengan hypnobirthing. Apa itu teknik hypnobirthing? Teknik hypnobirthing merupakan metode self hypnosis dan juga sarana relaksasi untuk membantu moms mempersiapkan proses pesalinan agar tidak khawatir, takut, cemas atau tegang dan rasa sakit saat melahirkan. Jika moms melahirkan dengan rasa tenang, aman tanpa ada rasa takut dan cemas maka ini berdampak pada kontraksi yang dihasilkan, cenderung akan mengurangi rasa sakit yang terjadi.

Aman tidak ya teknik hypnobirthing ini dilakukan? Kemudian bagaimana cara melakukannya? Dan apakah harus dengan ahli atau bisa kita lakukan sendiri di rumah? Inilah pertanyaan yang sering muncul ketika teknik hypnobirthing dikemukaan. Untuk menjawab ini, yuk moms simak dulu manfaat apa yang didapat dari teknik hiperbirthing ini.

  • Menguragi stress dan ketakutan saat melahirkan
  • Meningkatkan fokus moms saat proses persalinan
  • Mengurangi sakit yang terjadi
  • Waktu bukaan 1 lebih pendek
  • Memberikan kenyamanan dan relaksasi selama persalinan.

Namanya saja self hypnosis jadi pelaksanaanya pun bisa dilakukan sendiri. Tetapi jika moms belum pernah melakukannya , lebih baik moms konsultasikan dulu dengan dokter kandungan moms dan mintalah dokter untuk membimbing. Jika dari dokter sudah memperbolehkan untuk melakukannya sendiri, maka moms bisa melakukannya dirumah. Nah, teknik hypnobirthing bisa dilakukan dengan cara berikut ini

  1. Ambilah nafas dalam-dalam kemudian keluarkan, lakukan beberapa kali.
  2. Putarlah musik atau tilawah untuk membantu mempermudah pikiran dan tubuh menjadi relaks.
  3. Jika sudah relaks, buatlah keyakinan yang kuat untuk melakukan teknik hypnobirthing untuk membantuk proses kelahiran lancar, dengan keyakinan kuat ini dapat mempermudah langkah selanjutnya.
  4. Berikan sugesti positif pada diri sendiri, pilihlah kalimat atau kata yang mudah agar cepat diterima oleh alam bawah sadar moms dan terproses.
  5. Ulangi sugesti sampai tertanam di alam bawah sadar moms.
  6. Sugesti yang diberikan harus berupa kata penyemangat atau perumpamaan yang membuat persalinan mudah. Seperti melahirkan itu gampang, tidak sakit, semangat untuk anak yang ada dalam kandungan.
  7. Pilihlah posisi yang paling nyaman untuk melakukan teknik hypnobirthing. Bisa dilakukan dengan duduk bersandar, tidur, atau duduk sila layaknya melakukan yoga
  8. Pastikan saat moms melakukan hypnobirthing dalam keadaan yang tidak sibuk atau ada hal yang mengganggu. Jika ada, lebih baik lepaskan atau selesaikan dulu.
  9. Hypnobirthing bisa moms lakukan dalam waktu 1-2 jam tiap harinya. Ulangi 2-3 kali dalam seminggu agar mendapatkan pola pemikiran yang benar-benar baru. Yang jelas pemikiran yang membangun.
  10. Bila moms mengalami kesulitan saat melakukannya, moms lakukan dengan menggunakan video hypnobirthing.

Teknik hypnobirthing ini tidak langsung serta merta dilakukan sendiri ya moms. Agar lebih tau, moms bisa mengikuti kelas hypnobirthing yang diadakan oleh beberapa terapis. Dengan mengikuti kelas itu, moms jadi lebih paham dan mudah dalam melakukan teknik hypnobirthing.