Cara Melangsingkan Badan Setelah Melahirkan

Cara Melangsingkan Badan Setelah Melahirkan

Menjaga dan merawat si bayi setelah melahirkan adalah kegiatan utama seorang ibu. Tapi, perawatan untuk diri sendiri juga perlu dilakukan. Tak jarang kita mendapati kasus berat badan yang meningkat atau melebar setelah kita melahirkan. ini yang biasa membuat moms kurang nyaman dan tidak percaya diri lagi ketika harus berhadapan dengan orang lain. Berat badan yang melar setelah melahirkan disebabkan karena kontrol makan yang kurang dan asupan makanan yang kurang diperhatikan kandungan gizinya. Mungkin dulu yang terpenting bagi moms adalah perut kenyang.

Seperti yang kita ketahui diet untuk membentuk tubuh kembali ideal tidaklah gampang untuk dilakukan. Banyak yang sudah mencoba namun akhirnya gagal dan tidak melanjutkannya. Inilah yang menyebabkan beberapa moms stress. Hati-hati moms, stress atau khawatir yang berlebih bisa membuat moms drop dan sakit. Kalau moms sakit, ini juga akan berdampak pada bayi lho moms.

Sebenarnya moms tidak perlu khawatir ataupun stress akibat berat badan yang naik setelah melahirkan. Tentunya, tak perlu susah payah diet keras juga moms atau mengkonsumsi obat-obatan untuk melangsingkan perut. Karena jika moms diet, nantinya bisa mengurangi produksi ASI. Jika ASI berkurang, kebutuhan ASI untuk bayi tidak cukup maka pertumbuhan bayi pun terhambat. Selain diet yang memang tidak bagus untuk ibu menyusui, konsumsi obat pelangsing juga tidak kalah bahayanya untuk kesehatan moms dan bayi. Moms mau? Tentu tidak kan? Diet juga bisa membuat badan moms tambah melar kalau moms tidak konsisten. Yang terpenting selalu menjaga gaya hidup sehat maka akan membuat berat badan moms kembali ideal. Selain itu, dengan moms menyusui ini juga akan menurunkan berat badan moms. Memang tidak instan langsung turun moms, tetapi akan menyusut seiring berjalannya waktu. Jika hamil saja memerlukan waktu yang tidak sebentar yaitu 9 bulan maka untuk menurunkan berat badan moms juga tidak bisa langsung instan. Rata-rata orang yang diet turun 1kg-2kg per minggu adalah hal yang normal, tetapi kalau sudah 3-4 kg per minggu itu baru diet yang tidak baik dan bisa menyebabkan masalah pada tubuh.

Jika tidak dengan diet, lalu dengan apa untuk melangsingkan badan setelah melahirkan? nah, berikut ini kami berikan beberapa cara melangsingkan berat badan setelah melahirkan tanpa harus diet.

  1. Perbanyak makan yang bergizi

Bagi ibu menyusui, semua jenis makananpun pasti akan dilahap. Karena di tahap ini moms memerlukan energi yang lebih untuk menyusui. Moms akan cenderung menyukai makanan yang sudah tersedia tanpa harus meracik atau susah payah membuatnya. Tapi makanan seperti itu, bagaimana dengan gizinya? Selain butuh energi lebih moms juga butuh gizi yang banyak untuk tubuh. Jadi asal makan boleh tapi tetap diperhatikan kandungan gizinya ya moms. Moms bisa memilih jenis makanan yang kaya akan protein sebagai pengganti kardohidrat seperti daging ayam, kacang-kacangan. Selain yang kaya protein, kaya akan mineral juga penting misalnya yogurt, susu. Tak lupa ikan dan sayuran hijau sangat baik untuk ibu menyusui karena merupakan superfood yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Ingat moms, pilih susu yang kaya akan nutrisi dan cocok untuk bayi ya.. moms bisa beralih ke susu kambing karena lebih baik kandungannya.

  1. Kurangi makanan junk food dan cemilan manis

Selain makan besar, untuk mengganjal perut saat lapar moms bisa nyemil. Tetapi pilihlah cemilan yang baik untuk kesehatan. Cemilan yang memiliki kandungan lemak dan gula berlebih bisa membuat berat badan moms akan lebih meningkat lagi. Coba konsumsi buah, sereal tanpa pemanis, kismis. Minuman soda, permen dan keripik lebih baik untuk dihindari ya moms… nah bagi moms penggemar junk food, lebih baik untuk menghindarinya. Selain tidak baik untuk kesehatan ini juga bisa membuat tubuh moms makin melar. Tahan nafsu makan yang berlebih ya moms..

  1. Perbanyak air putih

Air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh moms dan memperlancar produksi ASI. Jika biasanya moms mengkonsumsi air putih setelah makan, biasakan untuk merubahnya sebelum makan. Berikan jeda waktu 30 menit setelah makan, baru moms minum air putih. Ini akan memberikan rasa kenyang sehingga porsi makan moms akan berkurang dengan sendirinya. Air putih juga berguna untuk menjaga kestabilan cairan tubuh, sehingga terhindar dari dehidrasi.

  1. Olah raga

Untuk menyeimbangkan tubuh antara pembakaran kalori dan asupan makanan. Moms perlu melakukan olah raga teratur setiap hari. Jika tidak memiliki waktu lebih untuk olah raga. Coba deh moms ajak bayi dengan stroller keliling kampung kurang lebih 10 menit. Ini sudah menjadi olah raga sederhana untuk moms. Moms juga bisa memanfaatkan waktu luang saat bayi tidur untuk melakukan gerakan-gerakan sederhana. Olah raga yang sangat baik untuk melangsingkan berat badan misalnya sit up, jalan kaki/lari, senam dan Yoga. Moms bisa pilih salah satu dan mempraktekannya di rumah

  1. Istirahat cukup

Makan bergizi dan olah raga teratur saja tidak cukup untuk membuat badan lebih kurus. Moms perlu mengimbanginya dengan mendapatkan istirahat yang cukup. Tidur yang baik bisa dikatakan memenuhi 7-8 jam. Untuk mendapatkan tidur yang cukup, moms bisa mulai mengatur jam tidur bayi sehingga moms bisa ikut istirahat.

  1. Kurangi porsi makan tetapi sering makan

Ya… ini salah satu cara melangsingkan berat badan setelah melahirkan yang efektif. Yang biasanya moms makan dengan porsi banyak tiap kali makan. Mulailah mengurangi porsi makan moms tetapi jika lapar segeralah makan. Tentunya dengan makanan yang sehat ya moms..

  1. Buat jadwal makan

Jika moms kebingungan untuk mengatur pola makan, moms bisa mulai untuk mengatur jadwal makan dan jadwal nyemil. Moms harus melakukannya dengan konsisten agar hasil yang didapatkan juga optimal. Dalam pengaturan jadwal selalu selipkan juga jam olah raga dan tidur siang.

  1. Konsultasi dokter

Jika semua cara melangsingkan berat badan diatas tidak dapat dilakukan dengan baik dan terarah, maka cara ini bisa ditempuh. Moms bisa berkonsultasi dengan dokter ahli tentang cara melangsingkan berat badan setelah melahirkan ini. Dari situ dokter akan memberikan saran-saran tertentu yang harus dilakukan. Jika moms diberikan resep obat, teliti dahulu kegunanan obat tersebut baik atau tidak untuk kesehatan.

Bagaimana moms? tidak ada salahnya kan untuk dipraktekan? Hidup sehat, pola makan yang teratur serta olah raga teratur sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan moms. Ini juga sangat baik untuk produksi ASI moms. Walaupun semangat tapi bayi yang menjadi prioritas ya moms… Jangan tunda hal yang menyehatkan ini ya moms… ingat, niat yang baik dan lakukan secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selamat mencoba moms dan semoga berhasil….