Cara Membuat Bayi Tertawa Lucu

Cara Membuat Bayi Tertawa Lucu

Memiliki bayi merupakan suatu kebahagian untuk orang tua. Apalagi ketika melihat bayi kita bisa tertawa lepas, membuat hati kita bahagia. Bayi yang baru lahir bisanya memang lucu dan disukai banyak orang karena suka tertawa. Tetapi ada kalanya bayi merasa sedih, stress dan rewel seperti orang dewasa. Bayi yang stress atau rewel  biasanya dia akan cenderung diam atau menangis terus. Untuk membantu bayi keluar dari stressnya, moms bisa membuat bayi tertawa lagi. Tapi moms, membuat bayi tertawa ternyata gampang-gampang susah lho… moms perlu mencari ide kreatif agar bayi mudah untuk tertawa. Bedakan ya moms tertawa dan tersenyum. Bayi yang tersenyum sama saja dia sudah melakukan aktivitas olahraga, karena saat bayi tertawa seluruh anggota badan bayi akan bergerak. Ini pasti akan mengeluarkan keringat yang membuatnya lebih sehat dan aktif.

Saat moms bingung dengan cara membuat bayi tertawa, berikut kami berikan cara membuat bayi tertawa

  1. Bermain dengan meniup tubuhnya

Bayi terlahir dengan kulit yang sensitif saat disentuh. Saat moms sedang mengajak bayi bermain atau ngobrol, coba sesekali tiup tubuh bayi dengan cara menempelkan mulut ke tubuh kemudian tiup sampai menimbulkan bunyi. Bayi akan merasa geli dan lucu saat mendengar bunyi yang dihasilkan sehingga bayi akan tertawa. Mom bisa mengulanginya agar bayi merasa relaks.

  1. Memakan jari

Bayi seringnya suka menggigit jarinya sendiri dan memainkannya dalam mulut. Moms bisa menyontoh perilaku yang dilakukan bayi untuk membuat bayi tertawa. Moms bisa seolah-olah memakan tangan bayi dan menghisapnya.  Jangan lupa tambahkan ekspresi yang lucu atau ekspresi seperti saat sedang makan pada bayi. Ajak juga bayi berbicara. Disini bayi akan merespon tindakan moms dengan tertawa. Setelah moms selesai bermain dengan bayi, jangan lupa untuk mencuci jari-jari bayi agar bersih kembali.

  1. Bermain ciluk ba

Siapa yang tidak kenal dengan permainan yang satu ini. Permainan yang sangat umum dimainkan untuk berinteraksi dengan bayi. Cara ini sangat efektif untuk membuat bayi tersenyum. Bagaimana tidak, permainan dengan cara menutup muka, dan tahan beberapa detik kemudian membuka tangan dengan ucapan ciluk baaa dengan nada yang sedikit ada penekanan ini akan membuat bayi bingung mencari ibunya kemudian dikagetkan. Spontan bayi akan tertawa. Jika moms ingin mengubah permainannya moms bisa menggunakan selendang untuk menutup mata, atau saat bayi dalam posisi digendong ayah moms bisa bermain ciluk baa dengan sembunyi di belakang punggung ayah kemudian mengagetkan bayi secara perlahan dari belakang.

  1. Mainan gelembung sabun

Hati hati ya moms jika moms akan bermain dengan gelembung sabun. Gelembung sabun yang biasa di jual sangat berbahaya efeknya untuk bayi. Moms bisa membuat sendiri gelembung sabun dengan shampo bayi. Tiup cairan sabun dengan jarak yang agak jauh dari bayi agar tidak terkena mata bayi. Disini bayi akan melihatnya dengan antusias dan tertarik untuk mengejar gelembungnya. Karena gemes tidak bisa akhirnya dia akan tertawa hanya dengan melihatnya saja.

  1. Wayang boneka

Moms pernah mencobanya? Permainan ini sebenarnya sangat simpel, moms hanya memerlukan boneka dengan bentuk yang lucu kemudian ajaklah bayi bicara seolah-olah yang mengajak omong bayi adalah boneka tersebut. Sesekali buatlah ada adegan boneka yang menyentuh bayi, atau mencium bayi. Bayi akan meresponnya dan tertawa.

  1. Buat suara unik untuk menarik perhatian bayi

Bermain suara – suara unik juga merupakan salah satu cara membuat bayi tertawa. Moms bisa menghibur bayi dengan menirukan suara hewan seperti kucing, bebek atau binatang lainnya dengan membuat peragaan lucu sesuai suara yang ditirukan. Lakukan di hadapan bayi yang seolah-olah menuju ke bayi. Bersiaplah disini bayi akan tertawa.

  1. Bermain bayangan

Sebenarnya segala sesuatu bisa dijadikan inovasi cara membuat bayi tertawa, termasuk juga bayangan. Misalnya dalam keadaan gelap, berikan sedikit cahaya remang kemudian bergayalah disana sehingga membentuk bayangan. Tak lupa berikan efek suara-suara tertentu untuk menambah seru permainan. Awalnya memang bayi Cuma akan diam memperhatikan gerak gerik ibunya melalui bayangan yang ada, tapi dengan adanya efek suara bayi mengatakan seolah-olah dia mengetahuinya dan dia akan tertawa.

  1. Kumpul keluarga

Walaupun masih bayi, tetapi bayi memiliki sifat peka yang tinggi. Bayi suka saat melihat ibu, ayahnya saling menyayangi. Dia akan tertawa saat melihat dia dikelilingi orang yang dia sayangi berkumpul bersama dengan dan mengajaknya bermain.

  1. Mengajak bayi bicara atau baby talk

Ketika bayi bersama dengan ibu, ia akan sangat merasa nyaman dan aman. Ketika bayi sudah mulai ngoceh, moms bisa mengajaknya bicara dengan bahasa bayi dengan mendekatkan wajah ke bayi dan mata membuka lebar-lebar dihadapan bayi, dan bayi yang paham akan meresponnya dengan tertawa.

  1. Menggelitikinya

Menggelitik juga merupakan salah satu cara mudah untuk membuat bayi tertawa. Saat mengajak bayi main, sesekali gelitiki bayi, dia tidak akan berhenti yang tertawa. Tapi ingat moms, jika sudah tertawa berlebih bayi bisa saja menjadi buang air kecil dan mengubah tertawanya menjadi menangis.  Jadi jangan sampai itu terjadi ya moms

  1. Mainan hidung

Bayi sungguh menyukai mainan yang berbau dengan menyentuh tubuhnya. Salah satunya dengan bermain hidung. Moms bisa memainkan hidung bayi dengan jari tangan moms, bayi akan merespon dengan cara berusaha menangkap tangan moms, karena tidak bisa dia akan tertawa. Selain dengan jari beramin hidung bayi bisa dengan menempelkan hidung moms ke hidung bayi dan menggoyangkannya. Disini bayi akan tertawa. Cara ini juga dapat meningkatkan ikatan emosi moms.

  1. Barang terjatuh

Bayi yang sudah bisa memegang sendiri, dia seringnya akan membuang atau menjatuhkan barang yang dia pegang, nah moms tinggal menyampakain kata “aduh jatuh” dengan intonasi yang agak tinggi sambil melihat bayi. Biasanya setelah moms mengucapkan dengan nada yang lucu bayi akan tertawa. Moms bisa juga menjatuhkan barang sendiri ke lantai, mengambilnya dan menjatuhkannya lagi dengan sengaja, bayi yang melihatnya akan tertawa dengan tingkah laku moms.

  1. Memijat bayi dengan menghibur bayi

Saat moms memijat bayi, moms bisa melakukan gerakan memijat dengan bernyanyi dan menghibur bayi. Sebagian bayi terutama yang suka perenggangan, akan merasa relaks dan senang sehingga bayi menikmati kegiatan ini dan tertawa.

  1. Bermain dengan bayi lain

sama seperti kita yang senang bermain dengan teman sebaya, bayi pun juga seperti itu. Jejerkan bayi moms dengan temannya yang seumuran, tanpa disadari mereka akan mulai mengobrol dengan bahasa mereka sampe mereka tertawa bersama. Kita sebagai orang tua pasti aneh melihatnya karena tidak mengerti apa yang mereka obrolkan. Tetapi jika sudah terlihat tertawa, wow sangat menyenangkan.

  1. Main dengan hewan kesayangan

Beberapa orang takut bayinya bersentuhan dengan hewan peliharaannya bahkan cenderunga akan menempatkan bayinya diluar rumah. Tapi moms, jika bayi sudah dikenalkan dengan hewan peliharaan sejak bayi dan sering diajak main. Hewan itu bisa mejadi sahabat dari si bayi, tentunya bermain dengan sahabat sangat menyenangkan dan membuat tertawa. Tingkah lucu hewan dihadapan bayi akan menarik perhatian bayi dan mengundang gelak tawa bayi saat melihatnya. Saat moms membiarkan bayi bermain dengan hewan peliharaan, tetap dalam pengawasan ya moms. namanya juga hewan kita tidak akan tahu nantinya apa yang terjadi. Setelah bermain dengan hewan pastikan untuk memandikan bayi dan mengganti pakaiannya. Bersihkan juga ruangan bayi ya moms agar bayi tetap terhindar dari kuman atau virus penyakit.

  1. Memainkan lagu dan musik

Walaupun masih bayi, dia sangat suka dengan segala macam bentuk suara karena masih dalam pertumbuhan. Salah satu yang dia suka adalah musik dan lagu. Moms bisa bernyanyi dengan bertepuk tangan menyanyikan lagu anak yang sederhana. Sesekali berhentilah bernyanyi pada syair tertentu, disitu bayi akan mencoba menyelesaikannya dengan bahasanya sendiri. Karena merasa senang dan gembira bayi akan tertawa. Selain bernyanyi sendiri moms bisa memutarkan lagu melalui video lagu. Ingat ya moms usahakan jangan terlalu dekat memberikan video ke bayi karena matanya masih dalam tahap pertumbuhan

  1. Berikan mainan kerinci  atau lonceng yang berwarna

Selain suka dengan sesuatu yang menimbulkan bunyi, bayi juga suka dengan hal yang berwarna cerah. Ini bisa memicu pertumbuhan matanya dalam melihat warna-warna. Cara membuat bayi tertawa bisa dilakukan dengan memberikan mainan kerincing yang disematkan ke tangan bayi. saat tangan bayi bergerak dia akan menimbulkan bunyi. Bayi akan mencari suara tersebut. Warna diperuntukan agar bayi dengan mudah menemukannya. Saat bayi sudah mengetahui mainan itu, dia akan mencoba memainkannya kemudian dihentikan secara berulang-ulang. Setiap dia memainkannya dan menghentikannya dia akan tertawa senang. Melihat polahnya yang seperti itu, moms pastinya tidak kalah senang kan?

  1. Bermain ekspresi wajah

Siapa sangka bermain ekspresi wajah juga bisa membuat bayi ketawa. Dengan memainkan beberapa ekspresi wajah, bayi merasa sedang dihibur dan melihat ekspresi moms yang berubah-ubah dia akan senang dan tertawa.

  1. Melihat wajah dari cermin

Cermin yang biasa kita gunakan untuk bersolek bisa menjadi sarana bagus dan kreatif untuk membuat bayi ketawa. Cobalah moms mengajak bayi berdiri didepan cermin, kemudian bergerak-geraklah menari didepan cermin itu, bisa juga moms berjalan maju mundur didepan cermin dengan si bayi. Melihat bayangannya sendiri di cermin, dia akan menganganggap bahwa yang ada dicermin itu adalah asli atau temannya yang sedang mengajak bermain. Bayi akan tertarik dan bergumam selayaknya mengbrol dengan teman. Saat bayi senang, dia akan tertawa.

  1. Bermain air

Mandi bisa menjadi ajang moms untuk bercanda dengan bayi. Dudukan bayi di atas bak mandi. Sembari moms memandikan bayi, berikan mainan bebek yang kalau dipegang bunyi pada bayi. Ia akan mencoba untuk bermain dengan bebek. Moms bisa juga sesekali memercikan air di muka bayi atau membuat gelombang air didepan bayi. Bayi yang menikmatinya akan tertawa dan ikut menggerak gerakan tangan dan menggapai mainan bebek tadi. Tapi jangan terlalu lama ya moms, nanti si bayi kedinginan.

Banyak kan moms cara membuat bayi ketawa? Moms bisa memilihnya yang memang mudah untuk dilakukan. Jika moms ada cara sendiri yang lebih unik, share yuk moms untuk kita…