Gunakan Cara Ini Untuk Mengatasi Gatal Pada Bayi

Gunakan Cara ini untuk mengatasi gatal pada Bayi

Gatal-gatal yang sering terjadi pada si bayi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sifatnya ringan, tetapi sangat mengganggu si bayi. Gatal-gatal yang terjadi sangat banyak penyebabnya. Walaupun merupakan masalah kesehatan ringan, jangan disepelekan ya moms…. Memang kesannya mudah untuk diobati ya moms atau malah sering kali dibiarkan saja dan menunggu sampai gatal itu hilang sendiri. Tetapi, gatal-gatal juga bisa menjadi gejala awal dari penyakit serius pada si bayi. Nah lo, khawatir kan? Jika gatal-gatal ini terlihat tidak wajar dan tidak hilang dalam kurun waktu 3-4 hari, maka moms perlu was-was dan perlu segera menangani masalah ini ke dokter.

Gatal – gatal pada bayi sering terjadi ketika bayi sudah memiliki gerak aktif atau bermain secara aktif. Nah, untuk mengetahui cara mengatasi gatal pada bayi dengan benar moms perlu tahu dulu apa saja yang menyebabkan terjadinya gatal pada bayi berikut ini :

Penyebab gatal-gatal pada bayi

  1. Alergi makanan

Si bayi yang mempunyai alergi makanan tertentu bisa menimbulkan galat-gatal pada kulit. Ini biasanya ditandai dengan timbul bintik-bintik merah pada tubuh bayi, jika digaruk akan semakin menyebar dan menjadi ruam.

  1. Gigitan Serangga

Gatal-gatal yang sering terjadi akibat gigitan serangga ini adalah gigitan nyamuk. Karena tekstur kulit bayi yang tipis dan rawan, sering kali jika terkena gigitan nyamuk akan meninggalkan bekas bentol merah yang rasanya gatal panas.

  1. Kuman penyakit

Kuman penyakit ini sering terbawa oleh debu udara. Kondisi tubuh si bayi yang basah akibat keringat tubuh yang tidak langsung di lap atau keringkan bisa menjadi lahan hinggap kuman penyakit yang terbawa oleh angin yang bercampur debu. Hasilnya jika mengenai kulit si bayi, bayi akan merasakan gatal dan akan menyebar jika di garuk. Area yang sering ada banyak kumannya lipatan siku tangan, kaki, ketiak dan leher.

  1. Kulit kering dan kasar

Kulit si bayi yang kasar dan kering akibat kurang lembab, jika tidak ditangani bisa menimbulkan gatal dan jika digaruk akan bersisik.

  1. Ketidakcocokan dengan barang perawatan dan baju

Ketidakcocokan dengan salah satu jenis barang perawatan juga bisa memicu timbulnya gatal, misalnya bedak, lotion, dll. Bahan baju yang tidak sesuai dengan kulit bayi juga dapat menimbulkan gatal pada bayi, misalnya baju dari bahan serabut, wol yangteksturnya kasar.

  1. Cuaca

Cuaca yang panas atau dingin juga bisa menjadi penyebab timbulnya gatal pada bayi. misalnya alergi dingin, atau cuaca yang panas kulit bayi jadi kering. Penggunaan kipas angin dan AC ruangan yang tidak bersih juga bisa menyebabkan gatal.

Setelah tahu penyebabnya, berikut kami paparkan cara mengatasi gatal pada bayi.

  1. Usahakan tidak memberikan makanan yang memicu alergi bayi

Jika moms sudah mengetahui si bayi mempunyai alergi terhadap makanan tertentu, usahakan untuk menghindari pemberian makanan tersebut.

  1. Mandikan bayi dengan air hangat

Cobalah mandikan si bayi dengan air hangat saat gatal, karena air hangat bisa mengurangi rasa gatal yang dirasakan.

  1. Pilihkan produk bayi yang aman untuk kulit bayi

Dalam memberikan produk kepada si bayi, usahakan dicoba dulu sikulit moms dan si bayi. Lihat reaksinya, jika tidak meimbulkan gatal lanjutkan.

  1. Berikan pakaian yang berbahan halus, sejuk dan aman untuk bayi

Pilihkan pakaian yang bahannya menyerap panas, tidak kasar dan memberikan rasa sejuk pada tubuh bayi sehingga bayi tidak kegerahan.

  1. Oleskan minyak telon pada area yang gatal

Cara mengatasi gatal pada bayi yang paling utama adalah memberikan minyak telon terlebih dahulu pada kulit yang gatal agar tidak terlalu merasakan gatal. Baru lalukan penanganan selanjutnya.

  1. Berikan pelembab kulit

Setiap setelah mandi berikan pelembab kulit untuk menjaga kelelmbaban kulit si bayi.

  1. Selalu bersihkan ruangan bayi

Jangan lupa moms harus selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah terutama ruangan si bayi agar terhindar dari kuman penyakit. Lingkungan bersih, jiwa terjaga…

Gimana moms cara mengatasi gatal pada bayi ini? Selalu utamakan kesehatan si bayi ya moms…