Jadikan Traveling dengan Anak Seru dan Menyenangkan

Traveling bareng si bayi

Libur tlah tiba, Libur tlah tiba hatiku gembira…..

Heloo moms, musim libur sudah datang nih. Kira-kira sudah ada rencana untuk membawa anak liburan kemana moms? Ya, traveling bisa menjadi sarana seru kumpul keluarga. Mau itu jauh atau hanya sekedar jalan-jalan di kota dengan mengajak anak dan keluarga ini akan menjadikan pengalaman yang menyenangkan bagi anak. Tidak hanya itu saja, traveling dengan anak dan keluarga juga bisa meningkatkan keakraban antara anak dengan anggota keluarga lain moms. Tapi banyak dari para moms yang beranggapan jika traveling dengan membawa anak apalagi yang masih balita akan sangat repot, harus nyiapin bekal, baju ganti, bawa banyak tas dan perlengkapan.

Saat perjalanan, ketika anak rewel posisi moms ngantuk, atau anak minta BAB atau ingin buang air kecil. Apalagi saat disana harus repot mengawasi dan menjaga anak. Kalau cuma satu anak masih bisa diatasi ya moms, kalau anaknya lebih dari satu? Haduuuhh….. itulah kerepotan yang bisa dibayangkan. Tapi moms, dibalik itu jika traveling dilakukan bersama dengan keluarga, mungkin saat perjalanan moms tidak akan bosan karena ada celoteh-celoteh riang anak, jadi gak sepi kan moms?

Jika moms tidak ingin repot dan uring-uringan saat traveling dengan anak, jadikan traveling dengan anak seru dan menyenangkan. Caranya simak nih tips seru persiapan traveling bersama anak….

  1. Cek kondisi anak sebelum traveling

Traveling biasanya sudah direncanakan jauh hari sebelumnya agar bisa disesuaikan jadwal dan aktivitas lainnya biar tidak bentrok. Nah, kesehatan anak menjadi persiapan yang penting sebelum dilaksanakannya traveling, karena moms gak mau kan saat tiba waktunya traveling anak malah sakit atau drop saat perjalanan? Misalnya, traveling akan dilakukan dalam waktu 2 minggu lagi. So, moms harus pandai-pandai menjaga kesehatan anak. Berikan istirahat yang cukup untuk anak, penuhi kebutuhan gizinya. Ajak anak berolahraga sederhana untuk membantu menjaga kesehatan anak. Pastikan kondisi anak baik saat akan berangkat traveling. Poin pentingnya, moms harus memilih tempat traveling yang ramah untuk anak dan pastinya tidak luput dari unsur edukasi untuk anak.

  1. Persiapkan packing sebelumnya

Hal yang perlu dipersiapkan lainnya adalah tas saat packing. Untuk menentukan seberapa besar tas yang akan digunakan, perlu diperhatikan daftar barang yang harus dibawa saat traveling. Moms pastinya tahu, ketika kita akan mengajak anak berlibur, banyak barang yang harus dipersiapkan. Buatlah checklist barang yang akan dibawa. Usahakan hanya membawa barang yang dirasa cukup penting. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan packing:

  • Lama perjalanan
  • Tujuan perjalanan
  • Transportasi yang digunakan

Usahakan tidak membawa barang yang berlebihan. Barang-barang yang sekiranya bisa dibeli ditempat tujuan atau selama perjalanan, bisa dikurangi jumlahnya. Misalnya: popok, makanan ringan, minuman.

Terus moms, tempatkan barang yang sering dipakai di kotak yang mudah untuk dibuka atau barang khusus seperti susu bayi, minuman, popok bisa ditempatkan di tas khusus yang mudah dijangkau.

  1. Barang yang harus dibawa selama traveling dengan anak

Berikut ini contoh barang yang perlu dibawa saat traveling dengan anak:

  • Dokumen penting seperti tiket dan pasport jadi barang wajib yang harus dibawa. Bagaimana tidak, kalau ketinggalan dokumen sama saja tidak jadi berangkat traveling.
  • Barang wajib untuk anak : Susu formula, botol susu usahakan membawa lebih dari 1, botol untuk air hangat. Jika anak masi diberikan ASI, bawa stok botol yang sudah berisi ASI.
  • Makanan dan minuman untuk bekal selama perjalanan agar anak tidak bosan dan perut tetep terisi dan kenyang. Ini juga dilakukan agar anak tidak rewel saat perjalanan. Ingat moms, bawakan makanan sehat dan mengenyangkan untuk anak. Usahakan makanannya masak sendiri atau kalaupun beli perhatikan bahannya, pilih makanan yang dari bahan alami.
  • Pakaian ganti untuk anak dan anggota keluarga yang ikut. Untuk anak pastikan membawa tambahan baju ganti, karena kita tidak tahu bagaimana perubahan kondisi anak selama perjalanan. Persiapan bawa juga kaos kaki, dan topi. Jika tujuan traveling di tempat yang suhunya dingin, jangan lupa bawa baju ganti yang tebal atau jaket. Nah, kalau tujuan traveling dengan suhu yang panas, pilihkan baju yang tipis dan menyerap keringatuntuk anak.
  • Perlengkapan mandi juga penting untuk dibawa. Seperti sabun, pasta gigi, shampo, sikat gigi, handuk. Untuk anak siapkan juga babycream, minyak telon, lotion tabir surya, dan lotion anti nyamuk.
  • Obat-obatan dan vitamin juga perlu dibawa sebagai antisipasi jika anak atau anggota keluarga ada yang drop akibat perubahan cuaca.
  • Barang tambahan yang perlu dibawa untuk anak misalnya baby carrier atau stoller. Ini digunakan ketika moms merasa lelah menggendong, anak bisa ditempatkan di stoller. Ini juga bisa bertujuan agar anak lebih luas memandang tempat traveling.
  • Alat elektronik seperti HP, camera usahakan bawa juga charger dan power bank sebagai tambahan daya.
  • Hal yang sering disepelekan tetapi cukup penting untuk dibawa adalah tas plastik. Tas palstik selama traveling bisa digunakan untuk menaruh baju-baju kotor, sisa-sisa makanan, bisa juga sewaktu anak mengalami mabuk transportasi ini bisa digunakan.
  1. Pilihlah tempat menginap yang menyenangkan untuk anak

Ketika moms memutuskan untuk traveling dengan anak yang membutuhkan waktu yang tidak singkat misal 3-4 hari. Itu berarti moms harus mulai mencari tempat penginapan saat traveling. Dalam memilih tempat penginapan, hal yang perlu diperhatikan adalah

  • Penginapan bisa dipakai untuk keluarga, ini bisa memilih vila atau homestay keluarga
  • Ada area bermain untuk anak
  • Tempat penginapan tidak jauh dari lokasi tujuan
  • Dekat dengan tempat makan dan toko atau warung, jika sewaktu-watu membutuhkan barang
  • Pilihlah tempat penginapan dengan nuansa yang hampir sama saat dirumah
  1. Pilihlah transport yang menyenangkan untuk anak

Jika moms, sudah terbiasa traveling dengan menggunakan mobil pribadi, sekali-kali ajak anak untuk traveling dengan transportasi lainnya. Jika jarak tempat traveling lumayan jauh, moms bisa menggunakan alternatif transportasi kereta api. Sebelum melakukan pembelian tiket transportasi, pastikan dulu untuk pemilihan kursi yang benar dan kelas yang disesuaikan dengan budget. Pilih kursi dekat dengan jendela agar anak bisa menikmati pemandangan selama perjalanan.

Nah moms, ini beberapa uraian yang bisa dijadikan pedoman saat moms memutuskan untuk traveling bersama anak. Hal yang perlu moms selalu lakukan adalah membuat anak agar tetap sibuk selama perjalanan agar ia tidak bosan dan rewel. Jadikan sarana traveling untuk mengedukasi anak, misal perkenalkan anak dengan daerah-daerah yang dilewati atau tumbuhan dan hewan yang ada disana. Melibatkan anak dalam rencana liburan juga perlu karena ini bisa mendorong anak untuk belajar mengambil keputusan. Oke moms, semoga travelingnya seru ya…. have fun….