Kapan Bayi Boleh Mandi Air Dingin?

Kapan Bayi Boleh Mandi Air Dingin

Bayi yang baru lahir kulitnya masih sangat sensitif dan organ tubuhnya belum berfungsi maksimal. Moms perlu ketelitian dan hati-hati dalam merawat bayi. Perawatan kebersihan bayi merupakan salah satu hal penting yang harus selalu dijaga setiap saat. Ini sangat berguna untuk mendukung bayi tetap dalam kondisi sehat. Kebersihan bayi tidak hanya pada lingkungan, ruangan bayi, dan juga perlengkapan dan peralatan yang digunakan bayi. Kebersihan tubuh bayi adalah hal yang utama. Bagaimana menjaga kebersihan tubuh bayi? salah satunya dengan memandikan bayi.

Memandikan bayi yang baru lahir memang tidak perlu dilakukan setiap hari. Paling tidak moms bisa memandikannya setiap 2 hari sekali. Hal ini dikarenakan kulit bayi yang masih tipis sehingga tidak kuat jika harus berlama-lama mandi. Mandi bayi baru lahir juga cukup 5-7 menit saja. Ini bisa dilakukan pada bayi sampai usianya 2 minggu. Setelah usia 2 minggu, moms bisa memandikan bayi sekali tiap hari. Bayi yang sudah lebih dari 2 minggu, sudah punya cukup kemampuan untuk mulai beradaptasi dengan lingkungannya. Memandikan bayi yang baru lahir memang wajib menggunakan air hangat untuk selalu menjaga kehangatan tubuh bayi. Tetapi pada umur tertentu, moms sudah perlu untuk mengajarkan bayi mandi dengan air dingin karena tidak selamanya bayi akan mandi dengan air hangat sampai nantinya dia dewasa. Lalu kapan bayi boleh mandi air dingin? Bagaimana aturannya? Simak yuk moms penjelasannya.

Mandi dengan air dingin? Duh, nanti kalau malah sakit gimana? Mungkin itu yang menjadi pikiran moms saat mendengar kapan bayi boleh mandi air dingin. Tidak ada salahnya moms mengajari bayi mandi air dingin. Walaupun memang kulit bayi belum maksimal pertumbuhannya, tetapi dengan memandikan air dingin memberikan manfaat juga untuk bayi. Mandi air dingin mempunyai manfaat meningkatkan sistem imun bayi karena produksi sel-sel darah putih meningkat. Air dingin juga memaksa bayi untuk menghasilkan energi lebih banyak lagi untuk aktivitas si bayi. Menurut dr. Atilla Dewanti, SpA, pada usia tertentu anak-anak sudah harus diajarkan untuk mandi dengan air dingin. Ini membantu anak memiliki daya tahan lingkungan yang lebih kuat dan menyegarkan tubuhnya.

Untuk usia bayi, sebenarnya tidak ada ukuran yang paten kapan bayi boleh mandi air dingin. Yang terpenting adalah perhatikan kondisi fisik si bayi sebelum mencobanya. Pastikan bayi dalam keadaan yang sehat. Awalnya memang bayi akan kaget dan nangis ketika dimasukan dalam bak mandi yang airnya dingin. Tapi lama-lama bayi akan beradaptasi dan tidak kaget lagi. Menurut dokter asal perancis Dr. Jerome Valleteau de Moulliac, bayi sudah bisa dikenalkan dengan air dingin usia enam bulan. lebih lanjut dokter menjelaskan bahwa cara memperkenalkannya dengan bersenang-senang dulu dengan air, misalnya main air sampai bayi merasa suka dan sudah beradaptasi.

Jika dirasa itu terlalu sulit dan kasihan dengan bayi, moms bisa mencobanya bertahap. Misalnya di minggu pertama moms mengurangi 20% tingkat kehangatan air, kemudian minggu berikutnya menjadi 50% dan minggu terakhir 80%, jangan langsung dengan air dingin tanpa campuran air hangat ya moms karena untuk ukuran bayi, suhu air 26-27 derajat sudah pas. Jangan langsung tiap hari ya moms… coba dulu seminggu 2 kali mandi air dingin. Kemudian tingkatkan menjadi 3-4 kali.

Jangan takut untuk melakukan perubahan yang baik untuk bayi moms. selamat mencoba moms…