Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui

Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui

Bagi si bayi ASI merupakan asupan utama sebagai sumber nutrisinya, hal ini karena didalam ASI mengandung komponen nutrisi yang sangat diperlukan untuk tumbuh kembang si bayi. Laktosa, protein, air dan lemak serta beberapa mineral lainnya menjadi komponen dalam ASI dan komponen itu tentu saja berasal dari asupan gizi makanan yang dikonsumsi oleh moms. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut moms perlu meningkatkan porsi makan karena kalori yang dibutuhkan oleh seorang ibu yang menyusui adalah 450 – 500 kalori tiap harinya. Moms tidak perlu melakukan diet terlebih dahulu saat masa – masa menyusui, akan tetapi jika memang membutuhkan untuk tetap diet, moms harus mengatur pola makan yang jelas dan dengan makanan yang banyak mengandung gizi agar kalori terpenuhi.

Kerap kali moms dihantui rasa takut akan makanan yang dikonsumsinya itu akan berdampak buruk bagi si bayi sehingga mungkin beberapa moms mengklaim ada makanan yang dilarang untuk ibu menyusui karena bisa membuat bahaya untuk si bayi. Makanan yang dilarang untuk ibu menyusui ini biasanya memang mengandung senyawa atau bahan aktif lainnya yang  bisa mempengaruhi fungsi kerja organ tubuh moms yang akibatnya kerja organnya tidak maksimal dan berdampak pada ASI bayi.

Pada dasarnya, didalam tubuh moms itu sudah didesain dan dipersiapkan dengan baik saat moms sudah dalam fase menyusui atau bahkan sejak mengandung. Seperti, pembuluh darah dan kelenjar susu ibu mempunyai tugas untuk menyortir nutrisi yang dibutuhkan untuk ASI, sehingga jika makanan yang dikonsumsi itu seimbang dan dapat diterima oleh organ yang bertugas maka ASI yang dihasilkan merupakan ASI kualitas baik. Jika makanan yang dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan kurang dikontrol, nah ini kemungkinan yang bisa membuat masalah untuk si bayi, sehingga moms perlu menakar sendiri kebutuhan makanan tertentu untuk moms atau kalau tidak selama menyusui bisa dihentikan sementara. Oleh karena itu sebenarnya semua makanan itu baik untuk ibu menyusui, tidak ada makanan yang dilarang untuk ibu menyusui, hanya saja moms perlu mempertimbangkan kandungan makanan yang akan dikonsumsi  dan memakannya dalam porsi yang wajar.

Nah agar kualitas ASI selalu terjaga dan si bayi tumbuh sehat, moms perlu mengurangi konsumsi beberapa jenis makanan ini :

  1. Makanan dan minuman yang mengandung alkohol

Pada dasarnya alkohol itu memiliki dampak yang tidak baik untuk tubuh kita, apalagi untuk si bayi. Mengkonsumsi alkohol dengan porsi yang banyak sama saja menumbuhkan bibit penyakit pada tubuh si bayi karena ASI yang dihasilkan akan tercampur dengan komponen yang ada dalam alkohol. Tetapi jika moms memang pecinta alkohol, selama menyusui moms tetap bisa minum akan tetapi dalam porsi yang sedikit. Jangan menyusui si bayi setelah minum alkohol. Baiknya lakukan selang 2-4 jam.

  1. Makanan dan minuman yang mengandung kafein

Saat moms menyusui, usahakan mengurangi konsumsi kopi, teh, dan makanan atau minuman soda. Kandungan kafein yang ada dalam minuman itu akan mudah diserap juga oleh tubuh si bayi. Kafein ini merupakan senyawa yang proses pengeluarnnya memerlukan waktu yang lama. Jika itu diserap oleh tubuh bayi maka membutuhkan waktu 13-14 jam sehingga ini bisa menimbulkan dampak perut bayi yang kembung dan bayi bisa sering kentut.

  1. Makanan yang sifatnya asam dan pedas

Makanan asam dan pedas juga memiliki kandungan gas yang sangat tinggi sehingga jika moms terlalu banyak mengkonsumsinya akan menimbulkan perut bayi kembung dan pencernaan bayi terganggu.

  1. Makanan yang membuat alergi

Makanan yang membuat moms alergi seperti ikan, makanan laut juga perlu dihindari karena ini juga bisa membuat anak alergi. Moms tau sendiri kan daya tahan tubuh si bayi sangatlah rendah dibanding orang dewasa.

  1. Bawang putih

Bawang putih memiliki aroma yang menusuk, jika moms terlalu banyak mengkonsumsinya menjadikan ASI si bayi mempunyai aroma bawang. Jika bayi tidak menyukai aromanya, bayi bisa saja enggan untuk meminumnya atau bahkan muntah.

Selalu perhatikan makanan yang dikonsumsi ya moms… Jika memang tidak bisa untuk menghindari atau mengurangi jenis makanan tadi, terapkan saja bahwa itu adalah makanan yang dilarang untuk ibu menyusui. Cobalah mengalah untuk kebaikan dan kesehatan si bayi. Semoga bermanfaat…