Wajib Tahu! Manfaat minyak kelapa untuk bayi

Wajib Tahu! Manfaat minyak kelapa untuk bayi

Perawatan bayi itu memang terbilang gampang-gampang susah. Kita sebagai orang tua harus jeli dalam memilih produk untuk perawatan bayi. Kulitnya yang masih tipis dan sensitif menjadi tantangan tersendiri bagi kita dalam merawatnya. Saat kita memilih produk perawatan, bisa saja dipakai untuk si kakak aman dan cocok tapi belum tentu untuk si bayi cocok. Apalagi jika sudah timbul masalah kulit atau kesehatan pada bayi. kita harus benar-benar memastikan kalau produk yang kita pakai adalah produk dengan bahan alami. Seperti kata pepatah, buat anak jangan coba-coba. Ini harus kita terapkan untuk si bayi.

Berbicara tentang produk perawatan bayi yang alami, pernah tidak moms berfikir untuk mencoba memakai minyak kelapa untuk perawatan tubuh dan kulit bayi? pada dasarnya minyak kelapa tidak hanya digunakan sebagai bahan untuk menggoreng saja moms, lebih dari itu minyak kelapa sebenarnya mempunyai banyak manfaat untuk merawat kulit dan tubuh si bayi. seperti kata Dr. Srie Prihianti, SpKK, PhD, sebenarnya minyak kepala merupakan bahan yang sudah lama dipakai untuk kesehatan. Minyak kelapa biasa digunakan sebagai pelembab dan melembutkan serta aromanya nyaman untuk bayi. Agar moms tambah yakin akan manfaat minyak kepala untuk bayi, yuk kita pelajari bersama moms.

Sebelumnya moms perlu mengenal terlebih dahulu macam-macam minyak kelapa itu sehingga moms bisa tahu minyak kelapa mana yang bisa dijadikan perawatan untuk si bayi.

  1. Virgin Coconut Oil (VCO)

VCO memiliki kandungan dan kualitas paling tinggi diantara ketiga jenis minyak kelapa lainnya. Selain itu, memiliki antioksidan yang tinggi dan aromanya lebih segar. Ini disebabkan VCO prosesnya tidak melalui pengeringan dan tidak dipanaskan secara langsung dibawah sinar matahari. Sehingga kandungannya tetap terjaga

  1. Minyak kelapa organik

Minyak kepala baik VCO atau minyak kelapa murni yang diambil dari sumber pohon kelapa organik, artinya perawatan pohon kelapanya tidak menggunakan bahan kimia sama sekali dan hanya mengandalkan pupuk kompos atau pupuk alami.

  1. Minyak kelapa murni

Minyak kelapa murni, ini biasa proses ekstrasinya melalui pengeringan buah kelapa yang dijemur langsung di bawah sinar matahari sehingga ada kadar kandungan yang menguap ke udara yang hasilnya menurunkan kualitas minyak kelapa. Minyak kelapa murni memang dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan VCO dan minyak kelapa organik.

Dari ketiga jenis minyak kelapa tersebut semuanya aman dan dapat digunakan untuk perawatan bayi karena berasal dari bahan alami tanpa campuran bahan kimia. Akan tetapi moms bisa memilih untuk menggunakan VCO karena kandungan antioksidannya yang lebih tinggi dibandingkan minyak kelapa jenis lainnya. Aromanya pun lebih segar. VCO yang asli moms bisa dapatkan di toko herbal ataupun babyshop mungkin memang dengan harga yang lebih mahal dari pada minyak telon atau minyak kayu putih pada umumnya.

Setelah mengetahui jenis-jenis minyak kelapa, yuk moms kita ulas apasaja manfaat minyak kelapa untuk bayi lainnya, berikut penjelasannya:

  1. Sebagai pelindung dan pelembab kulit bayi

Namanya juga minyak, pastinya bisa digunakan sebagai pelembab kulit bayi. Apalagi untuk kulit bayi yang sensitif, menjaga kelembaban kulit bayi sensitif menjadi salah satu hal yang penting dilakukan untuk menghindari bayi terkena kulit kering, kasar dan bersisik. Selain sebagai pelembab, minyak kelapa juga bisa digunakan saat si bayi kena gigitan nyamuk atau iritasi kulit, karena minyak kelapa mengandung zat anti bakteri.

Moms bisa mengusapkan minyak kelapa pada kulit bayi yang kena gigitan nyamuk atau iritasi, ini akan mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan. Jika minyak kelapa hanya digunakan sebagai pelembab kulit, moms bisa mengoleskan minyak kelapa setelah mandi dan sebelum tidur malam agar kulit anak selalu lembab.

  1. Mengatur rambut

Miliki bayi dengan kulit yang halus dan lebat menjadi keinginan setiap orang tua, tapi tak jarang ada bayi yang rambutnya kusam dan sedikit. Nah untuk membantu melebatkan dan membuat rambut si bayi halus, moms bisa menggunakan minyak kelapa sebagai solusinya. Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E dan K yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Pemakaiannya pun cukup mudah, hanya dengan mengoleskan minyak kelapa di rambut si bayi dan kemudian menatanya, rambut bayi akan menjadi lebih lembut. Untuk hasil yang maksimal moms bisa memberikannya setiap hari setelah mandi.

  1. Mengatasi ruam bayi

Sering kali moms merasa khawatir dan bingung ketika si bayi ruam baik ruam karena susu atau ruam popok. Minyak kelapa bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi ruam bayi. Ini adalah cara alami yang bisa dipakai dari pada moms menggunakan krim anti ruam dari bahan kimia. Setelah mandi, moms bisa mengoleskan minyak kelapa di area ruam dengan sedikit pijatan lembut. Ulangi beberapa kali sampai ruam itu hilang.

  1. Menghilangkan cradle cap atau kerak kepala

Kerak kepala yang sering terjadi pada bayi biasanya disebabkan akibat jamur dan bakteri yang menyerang kulit kepala. Jika pada orang dewasa biasa disebut dengan ketombe. Nah, minyak kelapa ini memiliki kandungan anti jamur yang bisa digunakan untuk menghilangkan kerak kepala bayi. Gosokan minyak kelapa pada daerah yang kena kerak dengan pijatan lembut selama 10-20 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan handuk yang sudah dibasahi air hangat. Terakhir sisir rambut bayi agar sisa kerak ikut mengelupas saat disisir. Kemudian selalu berikan minyak kelapa untuk mencegah kerak kepala datang lagi.

  1. Sebagai minyak pijat bayi

Saat bayi dipijat, perlu minyak yang digunakan sebagai pelicin kulit agar saat dipijat tidak menimbulkan rasa sakit pada bayi. Minyak kelapa bisa digunakan sebagai minyak pijat untuk bayi karena sifatnya yang lembut, aromanya yang segar sehingga ini bisa membuat bayi tenang. Disamping itu, minyak kelapa juga bisa menghangatkan tubuh bayi setelah dipijat.

Campurkan minyak kelapa dengan essensial green tea atau lainnya yang wanginya enak. Lalu balurkan minyak keseluruh tubuh bayi, kemudian mulailah untuk memijat tubuh bayi sesuai petunjuk cara memijat bayi yang benar.

  1. Meredakan nyeri saat gigi mau tumbuh

Pada bayi yang berusia 4-6 bulan akan mulai tumbuh gigi. Tumbuhnya gigi ini pasti akan diawali dengan gusi yang membengkak dan timbul nyeri disekitar gusi yang bengkak itu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan treatment minyak kelapa. Caranya, oleskan minyak kepala secara rutin di dekat area gusi yang bengkak. Rasa hangatnya akan mengurangi nyeri dan gatal yang muncul.

Itulah moms, beberapa manfaat minyak kelapa untuk bayi. banyak dari manfaatnya memang hanya untuk pengobatan luar saja, tidak untuk dikonsumsi oleh bayi. Pengobatan luar jika mungkin belum cukup, moms perlu juga melakukan perawatan dari dalam, misalnya pengaturan makanan untuk si bayi. Jika dengan pengobatan minyak kelapa, masalah kulit belum teratasi, moms wajib untuk segera membawa si bayi konsultasi ke dokter.