Sampai Usia Berapa Bayi Dijemur?

Sampai Usia Berapa Bayi Dijemur

Bayi ku tidak kuning kok perlu dijemur? Itulah anggapan beberapa moms tentang menjemur bayi. Mereka mengira bayi yang dijemur karena terkena penyakit kuning. Anggapan itu tidak seluruhnya salah. Memang menjemur bayi di pagi hari mengurangi resiko bayi kuning. Tetapi moms, ternyata disamping itu, masih banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika kita menjemur bayi kita di pagi hari.

Manfaat menjemur bayi
  1. Mengurangi resiko bayi kuning

Bayi kuning terjadi akibat kadar bilirubin yang tinggi dalam tubuh. Akibatnya kulit bayi memancarkan rona kuning. Peningkatan ini biasa terjadi pada hari ke 3 – 5. Untuk mengurangi kadar bilirubin dalam darah bayi, salah satu cara efektif yang bisa digunakan adalah dengan menjemur bayi di pagi hari. Sinar matahari mampu membantu proses pemecahan bilirubin dalam darah sehingga akan turun ke standar normal.

  1. Menghangatkan bayi

Bayi terlahir dengan kulit tipis sehingga gampang terkena suhu dingin. Untuk selalu membuat bayi hangat, moms bisa menjemur bayi di pagi hari. Ini bisa membantu melunakan lendir dalam pernafasan sehingga keluar dan mencegah bayi dari alergi.

  1. Membantu proses pembentukan tulang

Siapa sangka panas sinar matahari memiliki kandungan vitamin D dan mineral kalium yang tinggi. Kedua kandungan ini sangat penting dalam proses pembentukan tulang bayi. dengan menjemur bayi, ini dapat meningkatkan kekuatan tulang dan otot serta pertumbuhan gigi bayi.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh bayi

Bayi yang baru lahir memiliki sistem imun yang masih rendah. Akibatnya bayi sangat rentang terkena virus dan kuman penyakit. Sinar matahari, juga memiliki antioksidan yang mampu melawan virus masuk ketubuh bayi. Itu artinya dengan menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

  1. Mengurangi stress pada bayi

Bayi stress? Ini bisa terjadi lho moms! Bayi stress bisa terjadi karena dia kaget, merasa terancam. Bayi yang stress biasa ditandai dengan bayi terus menangis tanpa ada keluhan sakit, lapar atau haus.  Dengan menjemur bayi di bawah sinar matahari, memberikan rasa hangat pada tubuh bayi. Selain itu, sinar matahari membantu melepaskan hormon endorphin dalam tubuh bayi. Hormon endorphin digunakan untuk melawan stress yang terjadi pada bayi. sehingga bayi merasa relaks dan tertidur dengan nyenyak.

Itulah tadi beberapa manfaat yang bisa didapat dari kita menjemur bayi. Moms bisa menjemur bayi mulai dari jam 7 sampai jam 9 pagi. Di waktu itu, panas sinar matahari belum terlalu terik dan menyengat kulit. Ingat ya moms, jika sudah melewati jam 9 sebaiknya hentikan penjemuran ini. Sebabnya, selain panas matahari sudah terik dan menyengat, ini sangat bahaya untuk kulit bayi. Sinar matahari di jam 9 lebih sudah mengandung merkuri yang tinggi, sinar ultraviolet A dan B yang dapat merusak kulit bayi.

Lalu sampai usia berapa bayi dijemur? Sebenarnya tidak ada batasan umur menjemur bayi dibawah sinar matahari. Tetapi umumnya bayi yang baru lahir bisa langsung di jemur sampai usia 1 minggu. Lakukan ini secara teratur untuk mencegah bayi kuning. Nah, baru setelah bayi umur 1 minggu, moms bisa tetap menjemur bayi setiap hari atau menguranginya. Tapi tidak ada salahnya kan moms melakukannya setiap hari? Ini juga untuk kesehatan bayi. Sampai dewasa pun, masih bisa kita melakukan menjemur diri dibawah sinar matahari sampai jam 9 pagi. Karena pembentukan tulang, akan berlangsung sampai umur kita 20 tahun.

Dalam menjemur bayi, moms perlu memperhatikan aturannya, yaitu

  • Jemur bayi dalam keadaan tidak memakai pakaian

Hal ini dilakukan agar sinar matahari bisa terserap keseluruh tubuh tanpa penghalang.

  • Ingat pakaikan kacamata hitam untuk bayi

Mata bayi yang baru lahir sangat riskan terhadap paparan cahaya. Jika salah sedikit saja bisa berakibat pada kebutaan. Untuk itu saat menjemur bayi, wajib bagi moms meberikan kacamata untuk menutup mata bayi agar tidak terkena paparan sinar matahari langsung.

  • Waktunya

Seperti penjelasan diatas, waktu yang paling baik untuk menjemur bayi adalah jam 07.00 – 09.00. lakukan hanya sekitar 15 menit saja. Ini disebabkan, kulit bayi yang masih tipis sehingga jika terlalu lama dijemur juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, menjemur bayi yang lama meningkatkan resiko bayi kena hipertemi yang menyebabkan fungsi metabolisme tubuh terganggu.

  • Dampingi bayi saat berjemur

Saat menjemur bayi usahakan moms lakukan dengan memangku bayi, sehingga moms juga bisa berjemur juga. Jika moms menjemur dengan stroller, selalu dampingi bayi agar bayi merasa aman. Moms juga bisa mengajak bayi berinteraksi agar bayi tidak bosan.

Itulah tadi moms beberapa hal yang perlu moms ketahui terkait menjemur bayi. Poin pentingnya bahwa menjemur bayi tidak dibatasi umurnya sampai usia berapa tetapi dalam menjemur bayi tetap harus ada pendampingan orang tua.