Segudang Manfaat Air Kelapa untuk Bayi

 Manfaat Air Kelapa untuk Bayi

Banyak yang tidak mengetahui manfaat air kelapa untuk bayi. Kok untuk bayi moms? sumber makanan bayi itukan ASI? Betul, ASI memang sumber makanan dan minuman bayi yang utama. Akan tetapi bayi juga bisa diberikan makanan pendamping ASI untuk mendukung pertumbuhannya. Salah satu yang bisa moms berikan ke bayi adalah air kelapa. Tetapi jangan terus bayi baru lahir diberikan air kelapa ya moms. Air kelapa bisa diberikan pada bayi yang sudah memasuki usia 8 bulan. Ini karena pada usia tersebut kondisi organ tubuh bayi sudah lebih siap untuk menerima makanan yang berasal bukan dari ASI walaupun bayi usia 6 bulan sudah bisa diberikan MPASI. Selain itu untuk menghindari reaksi alergi air kelapa pada bayi yang belum mencapai usia 8 bulan.

Mengapa air kelapa bisa diberikan sebagai MPASI pada bayi? Air kelapa ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Air kelapa memiliki kadar klorida, potasium, dan magnesium serta elektrolit yang tinggi. Ini sangat baik untuk pembentukan tulang bayi. selain itu, kandungan gula, protein dan sodiumnya cukup rendah sehingga aman jika diberikan untuk bayi. lebih jauh lagi, air kelapa mengandung asam laurat yang membantu si bayi melawan penyakit yang masuk ke tubuh. Pemberian air kelapa pada bayi ini juga berguna sebagai tahap awal pengenalan rasa dan aroma pada bayi, karena indera pembau dan perasa di bulan ini sudah semakin meningkat.

Agar lebih jelas lagi, yuk moms pelajari manfaat air kepala untuk bayi berikut ini

  1. Membantu pengobatan infeksi saluran kemih

Bayi memang belum bisa mengontrol saat dia ingin buang air kecil. Biasanya diusianya yang masih bayi, bayi sering cipirit buang air kecil di popok tanpa sepengetahuan moms. nah jika itu sudah menumpuk dan popok tidak diganti akan menimbulkan berkembangnya bakteri yang bisa saja masuk ke saluran kemih bayi. Itulah sebabnya, bayi rentan kena infeksi saluran kemih. Air kelapa memiliki sifat deuritik yaitu membersikan infeksi yang terjadi di saluran kandung kemih. Selain itu,air kelapa juga berfungsi untuk menjaga saluran kandung kemih agar tetap sehat dan bersih sehingga masalah buang air keci bayi jadi lancar dan terawat.

  1. Pemenuhan nutrisi bayi

Pemenuhan nutrisi untuk bayi memang sangat wajib. Ini dikarenakan selain sebagai penunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi untuk melawan kuman penyakit yang menyerang. Air kelapa yang kaya akan kandungan seperti mineral, vitamin, dan sumber energi alami sangat baik diberikan pada bayi. Air kelapa juga dipercaya bisa membantu mengobati penyakit yang terbilang serius seperti kolera, demam empedu, ginjal pada bayi.

  1. Memperlancar sistem pencernaan

Bayi memang terlahir dengan sistem pencernaan yang belum sempurna, sehingga akan banyak masalah pencernaan yang muncul seperti diare, sembelit, perut kembung. Air kelapa sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan yang muncul. Air kelapa mengandung serat alami agar bayi terhindar dari sembelit. Selain itu air kelapa juga bisa menjadi elektrolit alami yang bermanfaat untuk menghentikan diare bayi. Air kelapa juga bisa membantu mengobati perut kembung. Bayi yang diberikan air kelapa saat perutnya kembung akan mendorong gas-gas yang ada dalam perut untuk keluar sehingga kembung teratasi.

  1. Menstabilkan cairan tubuh bayi

Pada dasarnya air kelapa merupakan cairan murni yang baik untuk tubuh. Air kelapa mengandung vitamin mineral dan garam yang berfungsi sebagai elektrolit alami sebagai pengganti ion tubuh yang hilang akibat bayi dehidrasi. Karena itulah air kelapa sangat bagus untuk menstabilkan cairan tubuh bayi, terlebih saat musim kemarau dan panas. Selain sebagai pelengkap cairan tubuh, air kelapa juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Moms bisa memberikan air kelapa pada bayi karena lebih memiliki rasa manis alami dari pada air putih biasa yang rasanya tawar. Tentunya bayi akan lebih menyukainya.

  1. Sebagai obat bayi yang muntah

Saat bayi muntah banyak hal yang menjadi alasan kenapa bayi tersebut muntah. Agar muntah yang terjadi tidak semakin parah dan terus menerus, moms perlu mengobatinya. Saat muntah, bayi akan mengeluarkan banyak tenaga sehingga setelahnya akan menjadi lemas, pucat. Air kelapa bisa berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat bayi muntah karena air kelapa memiliki kandungan energi alami dan juga untuk memulihkan kondisi bayi. selain itu, air kelapa rasanya yang khas membuat perut bayi tidak bergejolak lagi dan lebih tenang. Ini tandannya air kelapa bisa menjadi obat muntah yang alami untuk bayi dan pastinya rasanya disukai oleh bayi.

  1. Menjaga kulit bayi tetap halus dan lembut

Air kelapa banyak mengandung vitamin C dan vitamin B serta anti oksidan yang baik untuk kulit. Dengan memberikan air kelapa pada bayi ini bisa menjadi pelembab kulit bayi alami. Selain itu, saat cairan dalam tubuh bayi terpenuhi, ini akan mendukung kulit bayi tetap halus, lembut dan lembab. Jadi bayi bisa terhindar dari kulit kering.

Setelah mengetahui segudang manfaat air kelapa untuk bayi, moms bisa memberikan air kelapa sebagai pelengkap MPASI. Agar tidak salah langkah dalam memberikannya, moms perlu simak beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan air kelapa berikut ini.

  • Bukalah kelapa dengan menggunakan pisau yang bersih agar air kelapa tetap higenis
  • Pilihlah air kelapa yang masih muda karena kandungannya masih banyak dan rasanya manis
  • Sajikan air kelapa pada bayi sesaat setelah air kelapa itu dibuka karena masih segar
  • Jika air belum akan diminumkan ke bayi, usahakan air kelapa tetap berada didalam buahnya dan simpan di kulkas. Tapi jangan sampai membiarkan air kelapa itu berhari-hari didalam kulkas, karena air kelapa yang sudah didinginkan dalam kulkas hanya bertahan beberapa jam saja. Misalnya moms menyimpannya pagi, siang sudah harus diminumkan.
    Air kelapa yang tidak langsung diminum akan teroksidasi sehingga gizinya berubah dan akan timbul bakteri sehingga air kelapa akan mengeluarkan bau tidak sedap. Jika sudah seperti itu jangan diberikan ke bayi ya moms.
  • Berikan maksimal 4 sendok makan saja untuk bayi diatas usia 8 bulan. Agar tetap seimbang dengan ASI dan MPASI pendukung lainnya.

Walaupun bermanfaat dan baik untuk bayi, moms tetap perlu waspada akan efek yang ditimbulkan. Perlu pendampingan yang ketat saat moms ingin memberikan air kelapa ini untuk bayi. selain itu, pehatikan juga aturan dan takaran yang pas saat memberikan air kelapa pada bayi. Imbangi dengan makanan pendamping ASI lainnya dan selalu utamakan pemberian ASI ekslusif pada bayi di awal-awal pertumbuhan bayi yaitu usia 1-12 bulan.