Tahapan Pertumbuhan Gigi Bayi Yang Perlu Moms Ketahui

Tahapan Pertumbuhan Gigi Bayi

Pertumbuhan gigi bayi tidak sama satu dengan yang lain. Ini disebabkan karena ada bayi yang memang terlambat pertumbuhan giginya tetapi masih dalam rentang usia yang sama. Lalu, kapan rata-rata gigi bayi mulai mucul pertama kali?

Pada dasarnya, gigi bayi sudah ada sejak dalam kandungan, hanya saja belum tebentuk dan muncul secara sempurna. Setelah bayi lahir barulah gigi bayi akan didorong agar lekas sembuh dengan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan gigi. Pada awalnya, gigi bayi yang akan muncul pertama kali adalah gigi seri depan atas dan bawah. Ini digunakan untuk mendukung bayi saat mengunyah makanan. Awal munculnya gigi bayi sekitar usia 5 bulan dan didahului dengan beberapa gejala seperti

  • Bayi yang mulai suka memasukan barang dimulutnya karena efek gusi yang gatal
  • Suka menggigit barang apa saja yang dia pegang
  • Beberapa kasus, bayi menjadi demam dan bengkak di pipinya
  • Bayi rewel dan susah tidur malem

Jika moms sudah mengetahu bagaimana tanda atau gejala gigi bayi akan tumbuh, sebaikanya moms perlu melalukan antisipasi atau penanganan untuk mengatasi gejala yang timbul tadi agar bayi tetap merasa nyaman.

Lebih dari itu moms, agar moms bisa tahu langkah apa yang akan diambil saat gigi bayi tumbuh terkait pendukung perkembangannya, moms bisa ikuti kami untuk mempelajari tahapan pertumbuhan gigi bayi yang benar. Simak ya moms,…

  1. Umur 6 bulan

Rata-rata bayi mulai tumbuh gigi pertamanya pada umur 6 bulan. Akan tetapi ada juga beberapa bayi yang pada usianya 5 bulan sudah mulai tumbuh gigi. Pada umur ini, gigi yang akan muncul pertama adalah gigi seri baik rahang atas dulu atau bawah dan keluarnya tidak langsung sempurna tetapi bertahap. Pastinya akan dimulai dengan gusi yang gatal dan bengkak. Gigi seri yang pertama muncul ini paling lambat akan muncul di usia 7 bulan.

  1. Umur 7 bulan

Pada usia ini,bayi sudah memiliki gigi seri depan rahang atas,dan akan berkembang dengan munculnya gigi seri rahang bawah. Pertumbuhan gigi bayi di tiap bulannya akan terus berkembang. Biasanya gigi akan muncul secara perpasangan. Nah pada usia ini, bayi sudah bisa diberikan MPASI yang teksturnya padat.

  1. Umur 7-10

Di usia ini, gigi bayi akan tumbuh dengan pesat sebagai terusan pertumbuhan gigi-gigi sebelumnya. Pada usia ini juga bayi akan lebih banyak mengeluarkan air liur karena banyaknya tekanan-tekanan di gusi mereka saat tumbuh gigi. Gigi yang akan muncul di umur ini adalah gigi samping gigi seri secara berpasangan, bisa jadi muncul dua diatas dan bawah atau dua disebelah kanan atau kiri.

Untuk lebih jelasnya moms bisa lihat tabel urutan pertumbuhan gigi bayi berikut

Tahapan Pertumbuhan Gigi Bayi yang perlu moms ketahui

Itulah moms tahapan pertumbuhan gigi bayi. Untuk mendukung pertumbuhannya, moms perlu memberikan makanan yang bernutrisi agar gigi tumbuh sesuai dengan umurnya dan tumbuh sehat. Dalam menjaga gigi bayi, moms bisa menyikatnya dengan sikat gigi yang lembut. Lebih baik tidak menggunakan pasta gigi terlebih dahulu. Cukup dengan air, karena walaupun gigi rusak akan tetap bisa tumbuh lagi. Takutnya jika moms menggunakan pasta gigi, akan ditelan oleh bayi.