Tips agar melahirkan normal tanpa jahitan

Tips agar melahirkan normal tanpa jahitan

Melahirkan adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh sebuah keluarga. Bagaimana tidak, mempunyai anak adalah salah satu keinginan terbesar orang berkeluarga. Saat akihr masa kehamilan, moms pasti masih merasa bingung akan melahirkan dengan cara yang seperti apa. Moms jaman sekarang pastinya akan lebih memilih jalan ceasar karena tidak sakit dan cepat, tetapi memakan biaya yang lebih mahal. Tapi moms jalan ceasar mempunyai resiko yang besar kedepannya karena bila dari awal kita melahirkan ceasar makan bisa dimungkinkan untuk lahiran berikutnya juga akan ceasar.

Sebenarnya melahirkan dengan normal melalui jalannya jauh lebih aman dibandingkan ceasar. Walapun memang butuh energi lebih dan sakit saat proses melahirkan, tetapi setelah bayi lahir kemungkinan sakit hanya beberapa hari saja. Melahirkan normal juga sangat baik untuk kesehatan reproduksi moms, terlebih untuk area ovum, karena secara otomatis darah kotor akan ikut tersapu bersama keluarnya bayi yang lahir. Selain rasa sakit saat melahirkan, kemungkinan penerium vagina robek sangat besar saat melahirkan normal, inilah yang biasa menjadi keluhan moms. Ya, tentunya. Proses melahirkan secara normal, dinding antara vagina dan anus akan mampu merenggang sendiri ketika bayi keluar sesuai besaran bayi tersebut. Nah ini yang menyebabkan kemungkinan vagina itu robek. Penyembuhan yang bisa dilakukan adalah dengan menjahit bagian yang robek, memang bisa sih tidak perlu dijahit jika robekannya sedikit tetapi ini akan memerlukan waktu lebih lama untuk sembuh dampaknya mungkin moms akan lebih bersabar untuk tidak berhubungan intim dulu dengan suami.

Kondisi dengan vagina robek umumnya terjadi saat persalinan pertama, kondisi bayi yang lahir secara tidak normal, berat bayi yang besar dan juga persalinan dengan forcep. Agar moms bisa melahirkan dengan vagina yang utuh tanpa jahitan, berikut tips agar melahirkan  normal tanpa jahitan yang perlu moms praktekan

  1. Mempersiapkan tubuh

Persiapan saat akan melahirkan sangat penting untuk dilakukan jika moms memilih jalan persalinan normal tanpa jahitan. Dengan tubuh yang siap, moms bisa melakukannya dengan mudah dan aman. Persiapan tubuh ini bisa moms lakukan dengan cara

  • Menjaga pola makan yang sehat

Konsumsilah makanan yang banyak mengandung gizi seperti sayur dan buah, lengkapi juga dengan susu ibu hamil dan vitamin. Minum air putih yang cukup setiap harinya.

  • Olah raga teratur

Moms bisa jalan sehat setiap hari untuk memperkuat otot kaki. Lakukan minimal 10 menit setiap harinya. Moms bisa juga renang, senam pilates atau yoga, ini sangat baik untuk melenturkan otot.

  • Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup dan posisi tidur yang benar juga sangat mendukung lancarnya melahirkan.

  1. Melakukan pijatan ringan di penineum

Pijatan ringan di sekitar vagina akan membuat otot vagina lebih releks dan mudah merenggang sehingga kemungkinan melahirkan normal tanpa jahitan bisa dilakukan. Moms bisa lakukan pijatan ini mulai kehamilan memasuki usia 34 minggu dan lakukan 2kali dalam seminggu. Selain itu, selalu jagalah kondisi perineum vagina agar tetap hangat selama persalinan sehingga otot menjadi lemas dan mudah merenggang. Moms bisa gunakan handuk hangat untuk menyekanya.

  1. Lakukan persalinan dengan posisi yang benar

Posisi yang benar saat persalinan adalah berbaring agar menghadap ke sisi kiri, hindari posisi tengah karena bisa menekan tulang ekor dan perineum. Saat mengejan, usahakan jangan sampai mengangkat bokong sebab akan memperluas robekan.

  1. Mintalah suami atau keluarga menemani saat melahirkan

Keberadaan suami atau keluarga saat melahirkan akan membantu menyemangati dan memberi kesan nyaman dan aman.

  1. Berikan aromaterapi di ruangan

Moms bisa request ke dokter untuk memberikan aroma terapi seperti green tea, coklat atau kopi sesuai selera moms. berfungsi untuk membuat relaks pikiran dan tubuh sehingga tetap tenang saat melahirkan.

Lepas dari itu semua, selalu selipkan doa selama persalinan berlangsung. Agar semua aman dan berjalan dengan baik. Good¬†luck moms…