7 Tips Atasi Masalah yang Sering Terjadi pada Millennial Mama

7 Tips Atasi Masalah yang Sering Terjadi pada Millennial Mama

Menjadi seorang moms harus bisa melakukan apapun. Mulai dari merawat, mendidik dan membesarkan anak-anak, mengurus bayi dewasa atau suami dari perlengkapan, urusan makan hingga lainnya, tak lupa juga mengurus rumah dengan segala kebutuhannya. Ini menjadi peran moms setiap hari bahkan setiap saat. Bisa dikatakan bahwa moms adalah orang yang penting dan selalu dibutuhkan oleh anggota keluarga dalam hal apapun.

Menjadi millennial moms harus cerdas dan kreatif, bagaimana tidak? menanggapi tingkah laku anak jaman sekarang yang cerdas dan pintar, Terkadang pertanyaan-pertanyaan yang mereka lontarkan diluar kendali kita sehingga kita kewalahan untuk menjawabnya. Selain itu, moms juga wajib bisa mengatur waktunya untuk dirinya sendiri, rumah, anak dan lingkungan sekitar. Tidak mungkin juga kan moms kita hidup bermasyarakat tetapi tidak kenal dengan tetangga kita? selain waktu, keuangan keluarga juga menjadi tanggung jawab moms untuk mengelolanya. Jangan sampai besar pasak dari pada tiang. Bisa kacau nantinya. Jangan lupa, moms masih punya suami yang perlu juga dijaga hubungannya agar tetap romantis dan harmonis.

Wow…. super sekali kan menjadi moms itu. Selain masalah – masalah diatas, masih ada nih masalah yang sering terjadi pada millennial mama. Apa saja moms? berikut ini kami ulaskan beberapa masalah yang sering terjadi pada millennial mama dan menjadi tantangan untuk moms

  1. Sandwich parenting

Apa itu sandwich parenting? Ini adalah kondisi dimana parenting anak dilakukan bersama-sama dengan kakek neneknya. Hal ini tidak jarang memicu masalah dalam keluarga.

Perbedaan generasi antara kakek nenek dan kita sudah terpaut beberapa tahun. Otomatis, sistem dan kebudayaan parenting yang diajarkan juga berbeda. Memang sih masih ada beberapa cara mendidik jaman old digunakan di jaman sekarang. Tapi belum tentu relevan ya moms…

Yang sering menjadi perdebatan anatara nenek dan orang tua adalah pola pengasuhan dan cara mendidik anak ini. Terkadang kita ingin seperti ini tapi nenek tidak membolehkan. Nenek menginkan seperti itu, tetapi kita tidak sependapat sehingga kita di cap tidak menurut atau tidak percaya pada kakek nenek yang pengalamannya lebih banyak.

Membuat bingung kan moms? ini juga bisa menjadi sumber kebingungan bagi anak sehingga anak menjadi krisis identitas. Kalau sudah begini siapa yang salah moms?

  1. Mom shaming

Mom shaming adalah kritikan atau rumpi ibu-ibu terhadap cara pengasuhan pada anak. Seperti yang lagi ngetren trejadi sekarang ini. Misalnya cara menggendong yang unik, menjadi viral dan menuai banyak cibiran dan kritikan dari sesama moms.

  1. Milestone anak

Ini juga menjadi salah satu tantangan untuk millennial moms. Tahap-tahap perkembangan anak moms yang sehat ataupun yang mengalami keterlambatan. Ini akan menjadi bahan pembicaraan yang seru dikalangan ibu-ibu group sosialita. Misalnya, anak moms yang sudah umur 5 tahun tetapi keliatan kurus walaupun makan banyak, pasti akan menimbulkan pertanyaan anak kamu kok kurus aja sih, padahal makannya hemm, luar biasa banyaknya?

  1. Working moms dan stay at home moms

Inilah yang sering terjadi ketika ada perdebatan antar ibu rumah tangga dan ibu bekerja. Ibu yang bekerja selalu bilang bahwa enak yang menjadi ibu rumah tangga, gak usah capek-capek kerja di rumah saja uang sudah datang. Isinya Cuma ngurus anak aja. Duh, bukan seperti itu juga kan moms? ibu rumah tangga juga bekerja lho!!!

Lalu yang ibu rumah tangga mendebat, kan kasihan anak-anak gak dapat kasih sayang ibunya yang sibuk kerja, jadi anak pengasuh deh.

Kalau dipikir pasti unik dan gak ada abisnya moms. ibu yang bijak, hanya menyimak saja.

Nah moms, jika ke empat hal itu membuat pusing, apa langkah yang moms tempuh untuk mengatasinya? Jika bingung, berikut kami berikan ulaskan tentang tips mengatasi masalah yang sering terjadi pada millennial moms. Cara ini spesial dirangkum berdasarkan penjelasan dari Co-Founder tiga generasi yaitu, Sahkiya Auliya Prima, M.Psi, simak ya moms

  1. Moms yang paling mengerti apa yang anak butuhkan

Walaupun moms sibuk kerja dan jarang di rumah, ketahuilah bahwa moms lah yang paling mengerti apa yang anak inginkan dan harapkan. Moms bisa mengatur sendiri aktivitas anak, jam makan tidur, dan mainan anak serta pola pengasuhannya. Moms hanya membutuhkan bantuan untuk menjaganya selama moms kerja.

  1. Stop membanding-bandingkan dengan yang lain

Membandingkan diri moms dengan moms lain yang lebih ataupun kurang sangat tidak baik untuk kesehatan mental dan fisik moms. Ini juga memicu timbulnya perselisihan dengan moms lain. Lebih jika suami tahu dan moms sering mengeluhkan hal ini itu kepada suami, bisa jadi suami akan bosen dan hubungan moms dengan suami tidak harmonis lagi. Ini bisa berakibat pada perceraian. Yang harus moms tanaman adalah tiap diri memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, kita hanya perlu menyadari mengembangkan dan meminimkan kelemahan yang ada. Saling mensupport antar teman menjadi hal bagus untuk mental dan pendidikan anak.

  1. Temukan minat dan hobi

Kadang moms bingung dengan apa yang akan dicapai setelah menikah dan punya anak. Nah, cobalah moms gali apa yang menjadi hobi moms. Moms bisa memulainya dari awal lagi untuk mengurus keluarga, membenahi yang keliru dan menemukan hobi. Jika itu sudah didapat maka, moms tidak akan merasa jenuh dan bisa mengembangkan minat dan hobi moms menjadi ladang rejeki untuk membantu keluarga. Ini adalah impian millennial moms sekarang, bisa usaha sendiri menghasilkan uang walaupun hanya bekerja di rumah sebagi ibu rumah tangga. Menjalankan usaha sendiri, olshop atau menulis buku.

  1. Jadilah moms yang selalu belajar

Perkembangan dan perubahan pada anak akan selalu terjadi setiap harinya, oleh karena itu tetaplah semangat untuk belajar apapun untuk perkembangan  anak seperti materi berikut ini:

  • Tahapan perkembangan anak yang benar
  • Cara mengatasi permasalahan anak seperti anak demam, alergi
  • Anak yang susah makan cara menanganinya
  • Anak yang hiper aktif

Semakin moms mengetahui banyak hal tentang anak, ini membuat moms lebih percaya diri dan tenang menjawab setiap pertanyaan yang menjadi kritik moms lainnya.

  1. Menerima keadaan diri sendiri

Seperti pada poin 2, setiap orang terlahir dengan keunggulan sendiri-sendiri. Sehingga, moms harus sadar akan keunggulan moms. Tidak perlulah merendah, dengan menerima diri sendiri dengan lapang semua akan berjalan dengan baik.

  1. Carilah teman yang bisa mendukungmu

Teman yang baik adalah teman yang selalu mengerti keadaan temannya apapun itu dan selalu sedia mendukungnya. Jika moms belum menemukannya, cobalah sekarang amati semua teman dekat yang moms miliki. Komunitas yang positif dan mendukung lebih membangun moms dan baik untuk kesehatan mental moms.

  1. Me time juga perlu lho moms

Walaupun sibuk dengan urusan kerja atau rumah dan anak, moms perlu memiliki waktu sendiri untuk melemaskan pikiran dan menyegarkan kembali tubuh agar tidak stress.

Ayo moms, jadilah moms yang lebih tangguh dan berkarya. Jangan hanya mengeluh dan meratapi nasib. Ini tidak membatu tetapi membuat moms semakin terpuruk.