Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Bayi Secara Alami

Tips Mengatasi masuk angin pada bayi secara alami

Cuaca yang ekstrim seperti sekarang ini, sangat tidak baik untuk kesehatan si bayi. Cuaca yang kadang panas dan kadang hujan ini sangat rawan tumbuh dan berkembangnya virus. Virus penyakit akan dengan mudah menyerang tubuh terutama pada si bayi.

Sistem imun si bayi yang belum maksimal, yang kemudian kena dampak akibat cuaca yang ekstrim, makanan si bayi yang kurang dikontrol pemenuhan gizinya bisa menyebabkan daya tahan tubuh bayi terhadap virus dan bakteri penyakit menurun, hasilnya bayi dengan mudah terserang penyakit. Kondisi lingkungan sekitar yang kurang baik, misalnya ayah atau anggota keluarga lain yang sedang sakit juga dapat menularkan virus dan membuat bayi sakit. Moms yang mungkin dalam keadaan sakit juga dapat mempengaruhi si bayi menjadi ikut sakit, karena kedekatan moms dengan si bayi dan si bayi yang masih minum ASI dari moms bisa dengan mudah menularkannya. Nah penyakit yang sering menyerang dalam situasi ini adalah masuk angin.

Masuk angin yang menyerang si bayi bisa dideteksi dengan mudah, karena si bayi yang terkena masuk angin sering ditandai dengan suhu tubuh si bayi yang meningkat, perut kembung, muntah, dan pilek. Disaat seperti ini anak pasti akan rewel karena merasakan badannya yang kurang fit. Moms jangan langsung khawatir jika si bayi sudah rewel seperti ini. Hal yang perlu moms segera lalukan adalah membawanya ke dokter untuk mengetahui apakah tanda-tanda itu hanya sekedar masuk angin biasa atau bukan. Jika si bayi memang masuk angin, maka cara mengatasi masuk angin pada bayi yang bisa dilakukan adalah moms bisa memberikan obat yang berasal dari resep dokter tadi.

Tapi moms, pemberian obat-obatan untuk mengatasi masuk angin pada bayi kurang direkomendasikan. Obat-obatan merupakan bahan kimia yang sudah diproses sehingga setiap obatnya memiliki efek sendiri jika dikonsumsi. Mungkin dampaknya pada si bayi tidak langung terjadi, tetapi dampak itu bisa saja menumpuk dan akan terlihat ketika sudah dewasa. Misalnya, terlalu sering diberi obat kimia dapat menghambat kerja otak sehingga si bayi bisa cacat pertumbuhannya atau endapan zat kimia dari obat bisa membuat perkembangan motoriknya terhambat. Moms gak mau kan si bayi tumbuh tidak maksimal?

Nah moms, cobalah untuk mengatasi masuk angin pada bayi dengan cara-cara yang alami. Simak yuk moms, tips mengatasi masuk angin pada bayi secara alami:

  1. Berikan ASI sesering mungkin

ASI merupakan sumber nutrisi untuk si bayi. ASI ini juga memiliki peran sebagai antibiotik untuk si bayi. Ketika si bayi menunjukan gejala masuk angin, tambahkanlah pemberian ASI pada si bayi untuk meningkatkan sistem imunnya.

  1. Pijatlah si bayi dengan ramuan bawang merah

Bawang merah bersifat panas jika dikonsumsi. Itulah sebabnya bawang merah banyak digunakan untuk ahli pijat bayi sebagai bahan pemijat. Campurkan irisan bawang merah secukupnya pada minyak, kemudian oleskan ke tubuh bayi dengan memijit halus di punggung dan perut bayi. Ini dapat menghangatkan tubuh bayi dan menghilangkan perut kembung bayi.

  1. Mandikan si bayi dengan rempah

Moms bisa menambahkan air mandi si bayi dengan rempah-rempah seperti daun serai untuk membuat tubuh si bayi hangat dan relaks sehingga bayi bisa tidur nyenyak dan mengurangi rewel.

  1. Berikan minuman dari ramuan tradisional

Jika kondisinya belum berubah, moms bisa mencoba membuat racikan dari jahe, kencur, jeruk lemon. Ambil sarinya dan berikan kepada si bayi. 1 sendok teh saja ya moms..

  1. Seringlah mengganti pakaian si bayi yang basah keringat

Setiap si bayi mengeluarkan keringat yang berlebih, usahakan jangan di lap biarkan keringat itu kering sendiri untuk menyempurnakan proses pembakaran dalam tubuh si bayi dan gantilah pakaian si bayi yang basah akibat keringat sehingga bayi tetap dalam keadaan kering.

Inilah tips simpel yang moms bisa lakukan untuk mengatasi masuk angin pada bayi. Jika bayi sudah diberikan MPASI, dukung juga dengan pola makan si bayi dengan memberikan makanan yang baik dan sehat untuk si bayi. Semoga bermanfaat moms…