Tips Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan

Tips Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan

Apa yang ada dipikiran moms setelah moms melahirkan? tentunya merawat si bayi dari kesehatannya sampai dengan nutrisinya untuk tumbuh kembang si bayi. Bagaimana dengan tubuh moms sendiri? Kebanyakan ibu yang baru saja melahirkan kurang memperhatikan dan merawat tubuhnya sendiri. Ini menyebabkan wajah menjadi kusam, berat badan bertambah, dan penampilan terabaikan. Buat moms yang paling penting adalah si bayi.

Rasa gelisah akan muncul pada moms ketika bayi sudah tumbuh lebih besar dan moms sudah mulai bergaul dengan teman-teman lagi. Banyak pikiran kenapa seperti ini dan itu dan pastinya ada keinginan mengembalikan penampilan moms agar kembali seperti sebelumnya walaupun masih menyusui. Yang menjadi kendala adalah akan dimulai dari mana untuk mendapatkan semua itu. Selain itu, bisa gak tubuh kembali seperti dulu? Apalagi ini sudah kali kedua melahirkan.

Stop resah moms!! Jika moms ingin melakukan perawatan tubuh setelah melahirkan, hal pertama yang terpenting adalah niat moms disertai keyakinan dan juga usaha. Selanjutnya moms mulailah dengan melakukan perawatan dalam dulu seperti vagina. Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut kami ulaskan tips perawatan tubuh setelah melahirkan.

  1. Perawatan vagina

Setelah melahirkan biasanya vagina akan merasa nyeri karena saat melahirkan vagina akan merenggang untuk mengeluarkan bayi sehingga seringkali terjadi robekan. Nyeri yang dihasilkan bisa dirasakan moms selama beberapa minggu setelah melahirkan. Kondisi ini akan membuat moms tidak nyaman. Nah, berikut perawatan vagina untuk mengatasinya:

  • Kompres luka dengan air dingin atau es untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul
  • Saat buang air kecil, selalu bilaslah vagina dengan air hangat, dan lap dengan handuk kering yang lembut
  • Saat duduk moms bisa menggunakan bantal agar tidak menekan vagina
  • Jika nyeri tidak tertahankan mintalah obat nyeri ke dokter

Selain perawatan vagina akibat robek, sering kali setelah melahirkan terjadi keputihan yang tidak menyenangkan. Cara perawatannya moms bisa menggunakan pembalut sanitizer untuk mengurangi infeksi yang terjadi akibat keputihan.

  1. Perawatan wajah

Perawatan tubuh setelah melahirkan yang penting untuk diperhatikan adalah bagian wajah. Karena tidak mau kan moms setiap bertatap muka dengan orang, wajah moms kusam dan cenderung pucat? Setelah melahirkan wajah sering kali luput dari perawatan. Karena sering begadang, jarang dibersihkan akhirnya wajah menjadi kusam, pucat dengan kantung mata yang melebar dan bisa jadi akan timbul jerawat.

Perawatan yang bisa dilakukan:

  • Selalu membersihkan wajah dengan sabun muka
  • Untuk mengurangi kantung mata, moms bisa mengkompresnya dengan air dingin, atau pemanfaatan timun, ini dapat mengurangi kantong mata dan membuat mata segar. Tentunya minum air putih yang cukup.
  • Perawatan dengan masker wajah juga bisa moms lakukan. Untuk hasil yang maksimal, bisa dilakukan seminggu 2x. Pilihlah masker alami karena jika menggunakan masker kimia bisa berpengaruh pada bayi.
  • Konsumsilah makanan yang berupa sayur dan buah yang baik untuk kulit, seperti apel, jeruk, kol.
  • Istirahat yang cukup. Walapun sudah dilakukan perawatan baik itu alamai atau moms datang ke tempat spa , tetapi jika waktu istirahat kurang hasilnya tidak maksimal.
  • Untuk menunjang penampilan moms bisa menggunakan make up saat bepergian untuk melindungi wajah dari debu dan sinar matahari.
  • Jika timbul jerawat,moms bisa menggunakan obat jerawat atau krim jerawat.
  1. Perawatan kulit
  • Jika terjadi kerusakan pigmentasi atau warna kulit belang, moms bisa menggunakan pelembab kulit untuk mencegah kulit kering, tambahkan tabir surya agar terhindar dari sinar matahari
  • Untuk menghilangkan strect mark di kulit, perut moms bisa mengoleskan minyak zaitun pada bagian strect mark secara rutin dan melakukan latihan otot ringan tiap 2 kali sehari.
  1. Perawatan rambut

Setelah melahirkan, pasti akan ada perubahan penurunan hormon progesteron dalam tubuh sehingga menyebabkan kerontokan pada rambut. Hal ini biasa terjadi setelah 3 bulan melahirkan. Moms tidak perlu khawatir karena ini akan kembali normal lagi. Untuk mengantisipasi kerontokan tambah parah,moms bisa melakukan perawatan rambut berikut ini:

  • Rajinlah memotong rambut jika sudah terlihat panjang. Ini akan mengurangi rambut rontok terjadi.
  • Rawat kebersihan rambut dengan mencuci rambut rutin 2x sehari. Ini juga akan mengurangi produksi minyak pada kulit kepala
  • Berikan konditioner dan serum rambut jika diperlukan
  • Gunakan shampo yang cocok untuk rambut moms
  • Jangan sering disisir dan usahakan untuk tidak menarik atau mengikat rambut karena ini akan membuat rontok lebih banyak.
  1. Perawatan tubuh

Ini yang menjadi keluhan terbesar moms setelah melahirkan, tubuh menjadi gemuk atau sering disebut dengan tubuh melar. Bagaimana tidak, nafsu makan moms akan meningkat tanpa terkendali. Untuk merawat tubuh setelah kelahiran moms bisa lakukan secara tradisional atau yang berkembang saat ini, bisa juga melalui penggabungan keduanya. Apapun caranya yang paling penting adalah kembalinya tubuh moms seperti dulu.

Berikut beberapa cara perawatan tubuh setelah melahirkan:

  • Pakailah stagen atau korset.

Pemakaian stagen atau korset ini mampu mengencangkan otot perut yang kendor setelah melahirkan. Diawal pemakaian moms pasti merasa tidak nyaman dan sumpek, ini bisa diakali dengan tidak langsung menggunakannya setiap saat. Moms bisa memakai saat banyak aktivitas, saat tidur dan saat bepergian. Selalu ganti korset setiap hari agar terhindar dari kuman penyakit.

  • Olah raga teratur

Olah raga sangat baik untuk kesehatan tubuh, terlebih untuk masalah pengencangan otot-otot setelah melahirkan. Moms bisa lari pagi atau sore hari secara rutin setiap hari. Untuk hasil yang maksimal, moms bisa gunakan jas hujan saat lari, karena kalori yang terbakar semakin banyak. Selain lari, bisa juga dengan renang dan senam. Melihat aktivitas seorang ibu baru, idealnya senam dan renang yang baik dilakukan 2x setiap minggunya.

  • Pola makan terjaga

Tidak perlu melakukan diet untuk membentuk tubuh menjadi seperti semula, apalagi dengan kondisi moms yang masih menyusui. Sebisa mungkin untuk dihindari. Moms cukup mengatur pola makan moms setiap harinya saja, dengan cara mengatur waktu makan, memilih asupan makan yang bergizi dan baik untuk ASI, dan juga hindari makanan yang berlemak. Terpenting selalu utamakan memenuhi kebutuhan cairan untuk tubuh kita dengan air putih.

  • Istirahat cukup

Istirahat yang cukup mampu membuat tubuh selalu dalam keadaan segar sehingga tidak malas untuk melakukan aktivitas lainnya. Dengan istirahat yang cukup, mendukung organ-organ tubuh berfungsi maksimal setiap harinya.

  • Minum jamu

Banyak yang sudah meninggalkan jamu sekarang ini. Tetapi, jamu memang sudah terbukti sejak dulu dalam merawat tubuh wanita, apalagi setelah melahirkan. Selain dapat membentuk tubuh dari dalam, jamu juga dapat membuat produksi ASI lancar. Hal ini karena jamu tebuat dari bahan-bahan alami yang baik untuk tubuh. Jika moms kurang suka dengan bau jamu yang tidak sedap, moms bisa memberikan setetes minyak aromaterapi untuk menyamarkan baunya.

Inilah tadi ulasan beberapa perawatan tubuh setelah melahirkan. Selamat mencoba moms dan selalu terapkan pola hidup sehat ya moms…