Tips Unik Membuat Cemilan untuk Balita yang Susah Makan

tips membuat camilan untuk bayi

Bayi yang sudah memasuki umur 1 tahun ke atas sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Masalah yang sering muncul ketika si bayi  sudah mulai aktif bermain sendiri, meninggalkan ASI atau sudah mulai tumbuh gigi adalah si bayi yang kadang susah untuk makan. Di usia ini anak akan cenderung aktif bermain sehingga lupa akan makan. Untuk itu moms perlu mensiasatinya dengan memberikan cemilan. Dengan begitu si bayi tetap bisa terpenuhi nutrisinya dan merasa kenyang.

Pemberian cemilan untuk si bayi gampang-gampang susah, tidak sembarang cemilan yang bisa diberikan untuk si bayi. Sekarang ini sudah banyak produk cemilan yang bisa dberikan untuk si bayi. cemilan yang beredar biasanya dibuat dengan proses mesin modern yang kita tidak tahu bahan dasarnya seperti apa. Kebanyakan cemilan berasa sangat manis, dengan warna yang sangat mencolok. Warna bisa saja menggunakan pewarna bahan kimia yang kurang aman untuk tubuh si bayi, apalagi perasa yang digunakan menggunakan pemanis buatan dan tentu ada kandungan MSGnya. Cemilan yang seperti ini merupakan cemilan yang tidak sehat untuk si bayi. Ada beberapa tips yang perlu moms perhatikan saat memilih cemilan untuk si bayi, yaitu

  1. Perhatikan kandungan atau komponen cemilan
  2. Perhatikan juga kandungan nutrisi yang ada didalamnya
  3. Jangan lupa cek tanggal kadaluarsanya
  4. Usahakan untuk selalu mencicipi dulu cemilan yang akan dibeli agar tahu rasanya pas tidak untuk si bayi

Kembali lagi moms, walapun kita sudah teliti dalam memilih tapi pasti akan ada rasa khawatir untuk memberikan cemilan itu pada si bayi. Jika moms cocok dengan salah satu cemilan yang ada di pasaran yang kemudian moms berikan ke bayi seraca rutin, bisa saja si bayi akan merasa bosen dan tidak memakannya lagi. Bayi menjadi susah makan lagi. Untuk itu moms perlu mengkreasikan cemilan yang moms akan berikan pada bayi. Membuat sendiri cemilan untuk anak jauh lebih sehat, aman dan tidak menimubulkan efek bosan pada bayi.

Berikut kami berikan tips membuat cemilan untuk balita yang susah makan

  1. Pilihlah bahan yang mengandung banyak nutrisi untuk anak. Beberapa bahan yang bagus untuk cemilan si bayi seperti
  • Telur : telur memiliki kandungan protein yang tinggi, 1 butir telur setara dengan 1/3 kebutuhan protein anak.
  • Buah-buahan : buah-buahan kaya akan nutrisi untuk si bayi seperti jeruk, stroberi, melon, apel
  • Sayuran : sayuran memberikan manfaat penambah zat besi, dan vitamin untuk anak misalnya: bayam, wortel, brokoli
  • Susu, ini juga baik untuk pertumbuhan tubuh anak
  • Umbi-umbian : dapat digunakan untuk pemenuhan karbohidrat anak selain nasi
  1. Buatlah cemilan yang ringan tetapi menarik misalnya cookies strawberry, kentang goreng, telur crispy
  2. Imbangi juga cemilan yang mengenyangkan agar saat anak tidak mau makan, anak bisa nyemil, seperti sus buah, arem-arem yang diisi sayur dan daging, oatmeal yang dilengkapi dengan sayur atau bisa juga diberi kismis, rolade kentang atau kroket sayur dengan diberi irisan telur didalamnya.
  3. Buatkan juga anak minuman segar seperti jus alpukat, jeruk tetapi kurangi penggunaan gula dan es batu ya moms. Gula bisa diganti dengan susu dan madu. Olahan yogurt dan jelly buah juga bagus moms.
  4. Ketika membuat kreasi cemilan untuk anak, usahakan menggunakan cetakan makanan yang berkarakter hewan atau karakter lucu untuk menarik perhatian anak.
  5. Sajikan cemilan dengan plating yang menarik untuk anak. Moms bisa menambahkan hiasan-hiasan yang lucu yang berfungsi untuk mainan juga. Jadi bisa makan sambil mainan.

Menyajikan cemilan yang sehat dan menarik tidak hanya dapat meningkatkan nafsu makan si bayi tetapi nutrisinya juga terpenuhi. Menarik untuk dicoba kan moms?